Mohon tunggu...
Irwan Rinaldi Sikumbang
Irwan Rinaldi Sikumbang Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

menulis untuk menikmati kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Bule Kere: Ada yang Jadi Pengemis, Pencopet, dan Penipu

24 Januari 2021   07:20 Diperbarui: 24 Januari 2021   07:46 11874
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dulu, waktu masih di sekolah menengah, saya ikut kursus bahasa Inggris. Meskipun di sekolah nilai Bahasa Inggris saya selalu minimal dapat 8, tapi tidak membuat saya lancar bercas-cis-cus secara lisan. Nah, di kursus tersebutlah, saya dapat bekal mempraktikkan bahasa orang bule itu.

Maka, kalau ketika itu dari kota asal Payakumbuh saya sengaja berburu turis asing di kota wisata Bukittinggi, itu bukan untuk foto selfie yang akan dipamerkan di media sosial. Belum ada hape saat itu dan juga belum ada internet dan media sosial.

Tapi, dengan perasaan bangga saya ajak bule tersebut naik minibus ke Payakumbuh (berjarak 33 km dari Bukittinggi), saya bawa ke tempat kursus, sehingga guru saya memberikan apresiasi atas inisiatif saya itu. Jadilah si bule melayani berbagai pertanyaan dari saya dan teman-teman.

Pergaulan saya dengan bule semakin intens setelah saya bekerja di sebuah BUMN di Jakarta. Beberapa kali saya menjadi anggota tim yang bekerjasama dengan konsultan asing. Pernah juga saya punya bos orang Amerika Serikat (AS) ketika krisis moneter dulu, konon karena dipersyaratkan dalam perjanjian antara pemerintah Indonesia yang mendapatkan pinjaman dari International Monetery Fund (IMF).

Kemudian, masih ketika berkarier di BUMN tersebut, saya pernah ditempatkan selama dua tahun di kantor wilayahnya di Denpasar, yang wilayah operasinya meliputi kantor-kantor cabang di Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Saya pun jadi semakin sering bertemu bule di Pulau Dewata itu. Saya bisa membedakan turis asing kelas atas yang menginap di Nusa Dua atau Ubud dengan bule kelas bawah yang menginap di berbagai homestay di sekitar Kuta dan Legian. 

Melihat bule mabuk di pinggir jalan saat dini hari menjadi hal biasa. Terlepas dari kondisi saat ini yang lagi sepi karena pandemi, di sekitar pantai Kuta, dominasi turis asing demikian terasa, seolah mereka di negara asalnya sendiri dan kitalah yang menjadi tamu.

Memang, masyarakat Bali sangat akomodatif. Turis mancanegara itu relatif bebas, sepanjang tidak mengganggu masyarakat lokal. Bule-bule itu asyik berjemur dengan pakaian yang hanya sekadar menutup bagian amat vital, sementara warga lokal juga asyik melakukan ritual tertentu.

Kisah seorang bule di Bali yang baru-baru ini sempat viral, bisa dilihat dari konteks yang saya maksud di atas, yakni bule bukan merasa jadi orang asing dan bisa bertingkah secara bebas di Bali. Sayangnya, bule itu kebablasan dalam bermedia sosial.

Bule tersebut bernama Kristen Gray. Unggahannya yang mengajak turis asing ramai-ramai ke Bali di Twitter menjadi trending karena mendapat kecaman keras dari warganet. Kecaman tersebut akhirnya membuat pihak yang berwajib bertindak cepat, mencari Gray dan mendeportasinya.

Sebetulnya, pujian Gray tentang nyamannya tinggal di Bali, sesuatu yang baik-baik saja. Masalahnya, Gray mengajarkan agar turis asing masuk Bali lewat "jalan belakang" yang diduga ilegal dengan mengakali kebijakan visa pemerintah Indonesia dan juga tidak membayar pajak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun