Mohon tunggu...
Irwan Rinaldi Sikumbang
Irwan Rinaldi Sikumbang Mohon Tunggu... Freelancer

menulis untuk menikmati kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Merlion Cup, Timnas U-23 Indonesia Kalah 1-2 dari Timnas U-23 Thailand

7 Juni 2019   17:51 Diperbarui: 7 Juni 2019   17:56 113 18 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Merlion Cup, Timnas U-23 Indonesia Kalah 1-2 dari Timnas U-23 Thailand
Timnas U-23 (dok. tribunnews.com)

Masih dalam suasana lebaran, timnas U-23 yang diundang berpartisipasi dalam turnamen Merlion Cup di Singapura, punya agenda penting sore ini, Jumat (7/6/2019). Timnas U-23 Indonesia tampil pada laga pembuka melawan timnas U-23 Thailand.

Ini merupakan pertemuan ketiga timnas U-23 dengan Thailand sejak awal tahun ini. Dimulai pada akhir Februari 2019, ketika itu timnas U-23 yang belum lama dilatih Indra Sjafri menundukkan Thailand dengan skor 2-1 pada laga final Piala AFF U-23 yang berlangsung di Kamboja. 

Keberhasilan menggondol juara AFF U-23 di atas  melahirkan euforia bagi persepakbolaan tanah air. Sayangnya, tak lama setelah itu, pada babak kualifilasi Piala AFC U-23 yang berlangsung di Vietnam pada bulan Maret 2019 lalu , timnas U-23 Indonesia dibantai Thailand 4-0. Indonesia tersisih di turnamen ini.

Nah, pada pertemuan kali ini dengan tim dari negeri gajah putih itu, bagi kedua tim akan menjadi ajang uji coba sebelum tampil di Sea Games Manila, Filipina, akhir tahun ini. 

Indonesia sendiri tidak menurunkan bintangnya yang bersinar di Piala AFF lalu, yakni duo Papua, Marinus Wanewar dan Osvaldo Haay. Demikian pula pemain yang merumput di luar negeri, yakni Egy Maulana Vikri (Lechia Gdansk, Polandia), Firza Andika (Tubize, Belgia) dan Saddil Ramdani (Pahang, Malaysia) juga tidak dibawa Indra Sjafri ke Singapura. 

Adapaun skor akhir dari laga tersebut Indonesia harus mengakui keunggulan Thailand dengan kekalahan tipis 1-2. Ketiga gol terjadi pada babak pertama, di mana selama 45 menit permainan Indonesia belum berkembang dan sering ditekan Thailand.

Laga baru berjalan 4 menit, Indonesia sudah terkena hukuman penalti karena pelanggaran dari seorang pemain belakang di kotak terlarang. Promsupa dari Thailand sukses mengeksekusi dengan mengecoh penjaga gawang Satria Tama.

Thailand sepertinya akan menang telak ketika pada menit ke 11, gawang Satria Tama jebol lagi dari tendangan Panya. Namun setelah itu Thailand sering terperangkap offside dan sebaliknya Indonesia berhasil membalas pada menit ke 41 melalui aksi individu Witan Sulaiman yang mengelabui pemain belakang Thailand dan melakukan tendangan pelan ke sudut kanan gawang yang salah diantisipasi penjaga gawang Thailand.

Pada babak kedua, permainan Indonesia mulai membaik, sehingga Thailand tak mampu menambah gol. Sebelum laga usai Indonesia semakin agresif menyerang untuk menyamakan kedudukan, sayangnya penyelesaian akhirnya masih tidak akurat.

Para pemain timnas U-23 yang diturunkan Indra Sjafri saat kick off adalah Satria Tama, Bagas Adi, Andi Setyo, Asnawi Mangkualam, Gian Zola, Rizki Dwi, Luthfi Kamal, Hanif Sjahbandi, Feby Eka, Septian, dan Witan Sulaiman. Selama babak kedua sejumlah pemain pengganti dimasukkan antara lain Rahmat Irianto, Nurhidayat, Sani Rizki, Yacob Sayuri, Rafli dan Hambali.

VIDEO PILIHAN