Irwan Rinaldi Sikumbang
Irwan Rinaldi Sikumbang freelance

menulis untuk menikmati kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Kalibata, Sentra Penjualan Durian di Jakarta

16 Mei 2018   17:01 Diperbarui: 16 Mei 2018   17:21 393 4 4
Kalibata, Sentra Penjualan Durian di Jakarta
Jejeran kios durian di Kalibata (dok. pribadi)

Kalibata merupakan sebuah kawasan di Jakarta yang terkenal sebagai tempat Taman Makam Pahlawan (TMP) yang terbesar secara nasional. Jauh sebelumnya, di kawasan ini berdiri pabrik sepatu dengan merek ternama di era jadul, Bata. Sekarang pabrik tersebut telah berganti dengan puluhan rumah susun, tapi  konon karena sepatu Bata tersebutlah daerah itu dinamakan Kalibata.

Namun sejak tiga tahun terakhir ini, Kalibata juga dikenal sebagai pusat penjualan durian di Jakarta, yang pasokan duriannya tak pernah kosong. Artinya, hari apapun anda ke sana, pasti ketemu durian. Hebatnya lagi, beroperasi penuh selama 24 jam.

Sebetulnya selain di Kalibata, pencinta durian bisa berburu durian di UD Ratsah Buah, Jalan Raya Bogor KM 20, Kramat Jati, Jakarta Timur, yang khusus menjual durian lokal. Ada pula Rumah Durian Harum di Jalan Raya Pos Pengumben, Jakarta Barat, yang khusus menjual berbagai makanan olahan dari durian, seperti es krim durian, pancake durian, jus durian, kolak durian, serabi durian, dan sebagainya. 

Durian dulunya dijual hanya kalau lagi musimnya saja, sehingga penjualan durian di Jakarta juga bersifat musiman yang dijual di lapak tidak permanen, digelar di pinggir jalan, atau memakai mobil bak terbuka.

Durian tersebut dibawa dari beberapa daerah penghasil durian di Banten, Jawa Barat dan Jawa Tengah, serta dari luar Jawa. Lalu belakangan di gerai ritel  khusus buah-buahan juga menyediakan durian di samping banyak jenis buah-buahan lainnya.

Tapi dari sekian banyak alternatif tempat membeli durian di Jakarta, yang paling direkomendasikan adalah yang di Kalibata.  Di sini ada puluhan  kios permanen yang tertata dengan rapi, dan hanya khusus menjual buah durian. Ada banyak pilihan yang tersedia, yakni Durian Medan, Super Medan, Petruk, Monthong, dan Super Monthong.

Tentu harganya amat bervariasi, ada yang murah dan ada yang mahal. Kalau pembeli malas membawa pulang, di sini juga ada meja dan kursi untuk makan di tempat. Pembeli akan dicarikan durian yang rasanya cocok dengan seleranya. Bila belum ketemu, akan diusahakan terus oleh penjualnya buat membelah buah yang lain, sampai ketemu yang pas. 

Bagi anda yang lagi di Jakarta dan penggemar durian, tak ada salahnya menjajal durian di Kalibata. Bila anda berpuasa, hal ini bisa dilakukan sehabis melaksanakan shalat tarawih.

Salah satu kios durian di Kalibata (dokpribadi)
Salah satu kios durian di Kalibata (dokpribadi)