Mohon tunggu...
Irwan Rinaldi Sikumbang
Irwan Rinaldi Sikumbang Mohon Tunggu... Freelancer

menulis untuk menikmati kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Pameran Seni Lawan Korupsi

3 Desember 2015   23:30 Diperbarui: 3 Desember 2015   23:30 119 1 2 Mohon Tunggu...

Ketika beberapa televisi sampai jauh malam nenayangkan siaran langsung sidang MKD dari DPR, saya memilih menonton sebuah pameran di Jalan Braga Bandung. Pameran tersebut berjudul "Seni Lawan Korupsi" berlangsung mulai hari ini sampai tanggal 14 Desember 2015.

Pameran ini diikuti oleh tiga komunitas seni yang memamerkan 114 karya yang bersifat kritik keras terhadap korupsi. Komunitas tersebut adalah Akademi Samali, Creative Circle Indonesia (CCI), dan Demokreatif.  Pameran ini sendiri adalah bagian dari serangkaian aktivitas kesenian yang berkesinambungan dari pegiat seni. 

Seni Lawan Korupsi sebetulnya sebuah gerakan yang dideklarasikan tanggal 5 Maret 2015 di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, sebagai salah satu ikhtiar pemberantasan korupsi. Seni diyakini bisa lebih luwes dalam mengangkat persoalan sosial sekaligus mendorong budaya yang anti korupsi yang bersifat masif, membumi dan mudah dipahami.

Pameran di Bandung kali ini sekaligus memeriahkan Kongres Kesenian Indonesia III 2015 dan Festival Antikorupsi Bandung 2015. Terlihat di foto yang sempat saya ambil, beberapa karya yang dipamerkan, dan juga foto beberapa tokoh yang hadir, diantaranya Bambang Widjojanto, mantan Ketua KPK.

 

VIDEO PILIHAN