Mohon tunggu...
IRWAN BOLAS
IRWAN BOLAS Mohon Tunggu... Masyarakat biasa

Masyarakat yang berbudi pekerti luhur

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pancasila sebagai Sistem Filsafat dalam Kehidupan Kampus

15 Juni 2021   23:39 Diperbarui: 15 Juni 2021   23:42 26 1 0 Mohon Tunggu...

Pancasila sebagai suatu filsafat yang digunakan sebagai suatu pandangan hidup. Filsafat Pancasila juga memiliki fungsi dan peran sebagai pedoman dan pegangan sikap, tingkah laku serta perbuatan dalam kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk bangsa Indonesia.Yap, setiap nilai-nilai yang ada dalam sila Pancasila perlu dijadikan sebagai dasar dalam hidup berbangsa dan bernegara.

Menurut saya, Pancasila hanya dijadikan suatu symbol tanpa adanya tindakan yang konkret bagi terwujudnya masyarakat yang berbangsa dan bernegara. Sebagai mahasiswa dengan ilmu pengetahuan dan teknologi serta dapat memanfaatkan kemampuan yang kita punya serta dukungan fasilitas kampus untuk mencapai tujuan bersama. 

Sistem Pancasila dalam Kehidupan kampus yang beragam membutuhkan nilai toleransi antar mahasiswa yang cukup tinggi. Kita sebagai mahasiswa harus bisa menghormati perbedaan-perbedaan yang ada di antara mahasiswa-mahasiswa yang lain, sebagai mahasiswa juga harus menyadari bahwa penting rasa persatuan, Dalam kehidupan kampus nilai ini sangat kita perlukan supaya proses pembelajaran dan pengembangan ilmu tidak terjadi ketimpangan antara disiplin ilmu satu dengan yang lain. Dengan begitu akan tercipta keharmonisan dalam proses pengembangan ilmu. 

Pancasila merupakan senjata bagi kita sebagai mahasiswa dalam menghadapi arus globalisasi yang kian kesini kian mengancam eksistensi kepribadian bangsa. Kini kita mau tak mau, suka tak suka harus terlibat dalam arus globalisasi dunia.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x