Mohon tunggu...
Dian S. Hendroyono
Dian S. Hendroyono Mohon Tunggu... Freelancer - Life is a turning wheel

Pura-pura bahagia itu gampang. Yang susah itu pura-pura langsing. Kata salah satu pegiat media sosial. 😊😊😊

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

ART Kami Sangat Menjaga Reputasi

3 Desember 2021   14:58 Diperbarui: 4 Desember 2021   03:26 121 6 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kami beruntung memiliki seorang ART yang serba bisa. (Sumber: Cottonbro from Pexel)

Sejak saya kecil, mama selalu memiliki asisten rumah tangga. Dan, seingat saya, tidak ada dari mereka yang menginap di rumah. Semua hanya bekerja pada pagi hari dan setelah itu pulang. Demikian pula dengan ART kami saat ini.

Saya hanya akan bercerita tentang ART kami saat ini, tidak yang lalu-lalu. Karena, jumlahnya akan sangat banyak. Bisa-bisa tulisan soal ART ini menjadi cerita bersambung.

Kami selalu memanggil ART dengan sebutan bibik atau kata lain dari tante. ART kami saat ini sudah membantu kami sekitar empat tahun lamanya. Awalnya, bibik hanya bekerja pada Sabtu dan Minggu, sejak pagi hingga tengah hari. Namun, dalam perkembangannya, kami juga meminta dia datang paga Selasa dan Kamis sore, kelar sholat Ashar, untuk menyapu dan mengepel.

Pada akhir pekan, tugas utama bibik adalah menyetrika pakaian. Lumayanlan, hasil cucian selama satu pekan tidak sedikit, menurut teori. Namun, menurut dia, cucian kami selama satu pekan ternyata tidak banyak. Selain menyetrika, dia juga menyapu dan mengepel.

Pertama kali, mama yang meminta bibik untuk membantu di rumah, namun setelah mama terkena stroke, kamilah yang kemudian me-manage bibik. Dan, dia sama sekali tak keberatan.

Bibik kami itu sangat serba bisa. Tangannya juga dingin, kalau ada kesempatan dia akan mengurus tanaman-tanaman yang ada di halaman, yang biasanya diurus mama. Saya sama sekali tak pernah menyentuh tanaman-tanaman itu. Dijamin akan langsung mati.

Lalu, bibik juga bisa merawat orang sakit, termasuk memandikan, mengganti diapers, dan menyuapi. Kadang, kalau kami sedang sibuk, maka bibik akan membantu mama mandi. Kadang juga harus mengganti popok sekali pakai jika kami semua sedang sibuk sendiri. Tapi, itu sangat jarang. Dia pernah juga menjadi babysitter.

Bibik juga bisa menjahit. Keahlian ini sangat berguna untuk kami. Sering kali ada jahitan bagian bawah celana yang terlepas, atau hal-hal lain yang menyangkut mesin jahit, maka kami akan minta tolong bibik.

Lalu, dia juga suka kucing. Dia hapal nama semua kucing kami, terutama yang di dalam rumah. Bibik tahu masa kecil sebagian besar kucing peliharaan kami.

Pada saat banjir besar, Januari dan Februari 2020, semua kucing di dalam rumah harus dimasukkan dalam kandang, sehingga mereka tak terendam. Bibik juga membantu mengungsikan sebagian dari mereka ke rumah tetangga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan