Mohon tunggu...
Irsan Nur Hidayat
Irsan Nur Hidayat Mohon Tunggu... Jakarta, Indonesia

Pencinta Sepak Bola yang juga Penikmat Dinamika Politik.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Liverpool Vs Manchester City: Laga Wajib Menang

7 Februari 2021   15:00 Diperbarui: 7 Februari 2021   15:10 48 3 0 Mohon Tunggu...

Pekan ke-23 Premier League musim ini akan menyajikan duel menarik antara Liverpool, sang juara bertahan melawan Manchester City, yang kini tengah memuncaki klasemen sementara di Liga Inggris musim ini. 

Duel ini dikatakan menarik karena dua hal. Pertama, Liverpool merupakan juara bertahan, dan dalam beberapa musim terakhir, selalu terjadi persaingan ketat di antara kedua tim. Kedua, Liverpool yang tengah terluka setelah secara mengejutkan kalah atas Brighton and Hove Albion dengan skor 1-0, harus kedatangan tamu pasukan Pep Guardiola, yang tengah memiliki moral yang amat bagus. 

Setelah kalah 0-2 dari Tottenham Hotspur pada November 2020 yang lalu, The Citizens tidak pernah merasakan kekalahan hingga saat ini. Dengan 13 kemenangan beruntun di seluruh kompetisi (Premier League, UCL, Piala FA, dan Piala Carabao).

Laga kali ini wajib atau patut untuk dimenangkan, baik untuk Liverpool maupun Manchester City. Untuk Liverpool, tentunya kemenangan ini akan menaikkan moral mereka karena berhasil mengalahkan sang pemuncak klasemen sementara Liga Inggris. 

Selain itu, kemenangan bagi Liverpool di pertandingan ini akan memperpendek jarak dengan Manchester City selaku pemuncak klasemen menjadi 4 poin (dari yang sebelumnya 7 poin). Hal ini tentunya akan menimbulkan "secercah" harapan bagi pasukan The Reds untuk menegaskan bahwa mereka belum benar-benar keluar dari peta persaingan perebutan gelar Premier League musim ini, dan ini akan menjadi "bekal" tersendiri bagi mereka untuk mengarungi sisa musim ini.

Untuk Manchester City, jika bisa menang dari Liverpool malam nanti, maka ini akan menjadi sejarah baru bagi The Citizens. Setelah terakhir merasakan kemenangan di Anfield pada 2003 lalu, mereka tidak pernah menang lagi di markas The Reds hingga saat ini. Bahkan, di pertemuan terakhir di Anfield musim lalu, mereka kalah 3-1. 

Tentunya kita semua mengetahui bahwa Anfield terkenal angker bagi lawan-lawannya (meskipun dalam beberapa laga terakhir di musim ini, justru Anfield tidaklah seangker itu), dan Pep Guardiola pastinya mempunyai rasa penasaran yang cukup tinggi untuk dapat mengalahkan Liverpool di Anfield. 

Selain itu, jika Manchester City menang nanti malam, ini akan semakin menegaskan posisi The Citizens di puncak klasemen dengan jarak lima poin dengan 22 pertandingan (dan memiliki tabungan satu pertandingan tunda melawan Everton di Goodison Park) atas posisi kedua, Manchester United yang telah memainkan 23 laga, setelah baru saja kehilangan dua poin di kandang sendiri, setelah imbang 3-3 atas Everton.

Kedua tim pastinya akan tampil habis-habisan, terlebih Liverpool yang memang sangat membutuhkan kemenangan. Kembalinya Sadio Mane setelah cedera tentunya akan menjadi suntikan tersendiri bagi pasukan The Reds. Selain itu, pembelian Ben Davies dan Ozan Kabak diharapkan bisa menambal lubang di lini belakang pasukan Jurgen Klopp setelah ditinggal bek andalannya, Virgil Van Dijk imbas cedera ACL-nya yang membutuhkan waktu yang lama untuk pulih. 

Kendati demikian, Liverpool masih ditinggal beberapa pemainnya karena cedera. Di dalam Manchester City sendiri, meskipun ditinggal Kevin de Bruyne karena cedera pada saat laga melawan Aston Villa beberapa waktu yang lalu, tetapi sepertinya tidak menimbulkan efek yang besar karena City tetap dapat menang dalam laga-laga setelahnya. 

Di luar itu, Sergio Aguero dan Nathan Ake memang belum dapat tampil, masing-masing karena sedang pemulihan setelah COVID-19 dan cedera, tetapi tidak terlalu berefek besar bagi pasukan Pep Guardiola.

Laga nanti malam pastinya akan menarik untuk disaksikan. Lalu, siapa yang akan berjaya pada akhirnya? Mari kita nantikan bersama.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x