Mohon tunggu...
Irmina Gultom
Irmina Gultom Mohon Tunggu... Apoteker - Apoteker

Pharmacy and Health, Books, Travel, Cultures | Author of What You Need to Know for Being Pharmacy Student (Elex Media Komputindo, 2021) | Best in Specific Interest Nominee 2021 | UTA 45 Jakarta | IG: irmina_gultom

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

4 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Menulis Artikel Populer Tema Kesehatan

13 Desember 2021   07:00 Diperbarui: 13 Desember 2021   11:26 1067
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber ilustrasi: Kaitlyn Baker via unsplash.com

Bisa berbagi pengetahuan melalui hobi tentunya menjadi suatu kepuasan tersendiri. Dan sebagai seorang apoteker yang gemar menulis, saya cukup sering menulis artikel dengan topik seputar kesehatan dan obat-obatan sesuai bidang pendidikan yang saya peroleh.

Well, saya akui menulis artikel populer bertema kesehatan lumayan gampang-gampang susah. Ada tantangan tersendiri dalam menulis artikel tersebut. 

Saya sering bertanya-tanya mulai dari, topik apa yang sebaiknya saya tulis supaya bisa menarik minat pembaca? Bagaimana saya harus memulai untuk bisa mempertahankan minat baca mereka hingga akhir artikel? Hal apa yang ingin saya tekankan dalam tulisan saya dan kira-kira apakah nantinya pembaca bisa menangkap apa yang saya sampaikan? Dan pastinya apakah artikel saya bisa diterima pembaca dan bermanfaat bagi mereka?

Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, ada 4 hal yang selalu saya pertimbangkan sebelum mulai menulis artikel populer bertema kesehatan. Apa saja itu?

1. Menentukan Topik dan Judul

Boleh dibilang artikel dengan topik kesehatan tidak sepopuler artikel dengan topik seputar traveling, kuliner, entertainment, politik, dan lainnya. Mengapa? 

Artikel dengan topik kesehatan umumnya memberi kesan 'berat', serius dan agak sulit dimengerti oleh pembacanya. Apalagi jika artikel tersebut banyak menggunakan istilah ilmiah yang lumayan sulit diingat. Baru baca paragraf pertama udah males duluan deh.

Ah, tapi belakangan ini banyak kok artikel-artikel tentang kesehatan? Ya, karena kebetulan saat ini dunia sedang dilanda pandemi Covid-19. 

Isu kesehatan global yang dampaknya sungguh luar biasa. Oleh sebab itu tingkat keterbacaan artikel kesehatan di masa pandemi ini sedang tinggi-tingginya karena banyak orang yang ingin tahu dan tidak ingin ketinggalan update.

Dalam menulis artikel populer bertema kesehatan, memilih topik yang akan ditulis adalah kunci utama. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun