Mohon tunggu...
Irmina Gultom
Irmina Gultom Mohon Tunggu... Apoteker

A Pharmacist who love reading, traveling, photography, movies and share them into a write | Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta | IG: irmina_gultom

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Nostalgia Jajanan Masa Kecil

27 Februari 2021   10:46 Diperbarui: 27 Februari 2021   13:36 597 20 8 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Nostalgia Jajanan Masa Kecil
Dokumentasi pribadi

Agak kaget juga waktu lihat postingan di medsos yang menyebutkan bahwa ada 3 sobat micin populer akan dihentikan produksinya per Agustus 2021. Mereka adalah Cheetos, Doritos, dan Lays. Hayo siapa yang gak kenal tiga snack yang rasanya bikin nagih ini?

Seingat saya yang menghabiskan masa kecil saya di tahun 90an, Cheetos lah yang lebih dulu populer dibandingkan Doritos dan Lays. Favorit saya tentunya rasa jagung bakar dong. 

Bahkan hingga kini rasanya pun masih sama. Dan kalau informasi ini betul-betul terjadi, kita tidak akan lagi melihat tiga snack ini di dijual per Agustus nanti. Ouch!

Saya sampai nyengir-nyengir sendiri baca komentar netizen penggemar micin yang gak terima ketika berita ini ramai dibahas di medsos. Well, memang ketiga produk ini memiliki kenangan erat dengan masa kecil generasi milenial. Jadi wajar juga sih kalau ada yang merasa kehilangan. Duilehh!

Jadi kenapa produksi mereka dihentikan?

Menurut beberapa sumber yang saya baca, PT Indofood CBP Sukses Makmur tbk (ICBC) telah membeli seluruh saham PT Indofood Fritolay Makmur (IFL) yang dimiliki oleh Netherlands Holding B.V (Fritolay). 

Fritolay berafiliasi dengan Pepsico yang memproduksi Cheetos, Doritos, dan Lays. Ketiga produk ini diproduksi di Indonesia oleh IFL di bawah lisensi dari Pepsico.

Pelepasan saham dari IFL ini otomatis mengakhiri perjanjian lisensi dengan Pepsico yang akan jatuh pada bulan Agustus mendatang. Dengan demikian, IFL akan menghentikan produksi, pengemasan, penjualan, pemasaran dan pendistribusian produk Pepsico di Indonesia. Pepsico juga tidak akan memproduksi, mengemas, menjual, pemasaran dan pendistribusian produk apapun yang bersaing dengan produk IFL di Indonesia dalam waktu 3 tahun ke depan.

Saya tidak tahu apakah setelah 3 tahun berakhirnya perjanjian lisensi ini, para penggemar micin akan bertemu dengan ketiga snack ini lagi atau tidak. Tapi yang pasti salah satu dari ketiga produk ini telah hadir menemani masa kecil saya, sehingga cita rasanya memiliki kenangan tersendiri di lidah saya. Ahay!

Well, selain Cheetos, Doritos dan Lays, saya juga punya jajanan-masa-kecil lain yang tak kalah favorit namun sayangnya saat ini mulai menghilang (atau bahkan sudah hilang betulan) dari peredaran.

Roti Gambang

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN