Mohon tunggu...
Irmina Gultom
Irmina Gultom Mohon Tunggu... Apoteker

A Pharmacist who love reading, traveling, photography, movies and share them into a write | Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta | IG: https://www.instagram.com/irmina_gultom/ | https://marvelousthings250552759.wordpress.com/

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

"Raazi", Kisah Seorang Mata-mata Wanita India

20 Agustus 2019   13:28 Diperbarui: 20 Agustus 2019   18:37 0 4 1 Mohon Tunggu...
"Raazi", Kisah Seorang Mata-mata Wanita India
Sumber: movie.picts.pw

Jika tidak ada rencana bepergian, biasanya saya menghabiskan akhir minggu dengan berbenah rumah dan mengakhirinya dengan kegiatan menyetrika baju sambil nonton film. Film yang diangkat  atau terinspirasi dari kisah nyata adalah salah satu jenis film favorit saya. Saya merasa 'wow' saat membayangkan kisah dalam film tersebut benar-benar terjadi.

Film based on true story yang saya tonton kemarin adalah film India. Namun film ini bukan film romantis yang banyak adegan dimana pemeran wanitanya mengenakan kain Saree sambil nyanyi-nyanyi dan lari-lari atau muter-muter di pohon, namun film ini bercerita tentang seorang mata-mata wanita dari India.

Tidak ada referensi khusus sebagai alasan saya untuk menonton film ini, tapi setelah baca sinopsis dan melihat trailer-nya, saya merasa jalan ceritanya lumayan oke untuk ditonton. 

Mungkin aksi spionase-nya nampak tidak terlalu canggih layaknya film spionase barat, tapi menurut saya ceritanya seru untuk diikuti dan tidak terasa monoton. Jadi siapa tahu pembaca sekalian juga  tertarik untuk nonton film ini setelah baca artikel saya?

Sinopsis

Ber-setting di India tahun 70an, film yang disutradarai oleh Meghna Gulzar dan dirilis tahun 2018 ini, dibuka dengan adegan seorang wanita India bernama Sehmat Kahn (diperankan oleh Alia Bhatt) bersama temannya di sebuah universitas di New Delhi, India. 

Sehmat adalah seorang gadis muda yang cerdas, anak dari Hidayat Kahn, seorang putra pejuang kemerdekaan India yang menyamar sebagai informan untuk pemerintah Pakistan.

Ketika Hidayat divonis bahwa hidupnya tak lagi lama karena penyakit kanker yang dideritanya, ia meminta Sehmat untuk melanjutkan misinya seperti yang sudah dilakukan oleh kakeknya secara turun temurun, yang berarti ia harus tinggal di Pakistan. Awalnya Sehmat merasa bimbang karena ibunya tidak mengizinkannya, namun pada akhirnya Sehmat setuju untuk menggantikan ayahnya.

Sumber: bollyworm.com
Sumber: bollyworm.com
Sehmat kemudian mendapat pelatihan khusus mata-mata dari perwira senior RAW (Raw and Analysis Wing, Badan Intelijen Asing India) Khalid Mir dan asistennya. Mulai dari latihan fisik, menembak, memasang penyadap hingga menerjemahkan informasi dengan kode Morse. Ya, tugasnya nanti adalah menyampaikan semua informasi yang dilihat dan didengarnya kepada Khalid.

Berbekal koneksi persahabatan ayahnya dengan Brigadir Sayeed (tentara Pakistan), Sehmat akhirnya dinikahkan dengan putera Brigadir Sayeed yaitu Iqbal Sayeed (diperankan oleh Vicky Kaushal). Usai pernikahan, Sehmat pun berangkat ke Pakistan untuk hidup dengan dua peran yakni sebagai istri Iqbal Sayeed sekaligus sebagai agent RAW.

Saya membayangkan Sehmat sebagai gadis yang luar biasa mengingat dia hanyalah seorang mahasiswi biasa yang tidak pernah mendapatkan pelatihan khusus apapun tentang intelijen. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x