Mohon tunggu...
Irmina Gultom
Irmina Gultom Mohon Tunggu... Apoteker - Apoteker

Pharmacy and Health, Books, Travel, Cultures | Author of What You Need to Know for Being Pharmacy Student (Elex Media Komputindo, 2021) | Best in Specific Interest Nominee 2021 | UTA 45 Jakarta | IG: irmina_gultom

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Refleksi 7 Tahun Menjadi Kompasianer

17 Mei 2019   09:00 Diperbarui: 17 Mei 2021   13:36 229
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi: aspeninstitute.org

Ternyata hari ini, 17 Mei 2019, tepat 7 tahun sudah saya bergabung di Kompasiana. Lumayan lama juga, meski saya tahu masih banyak Kompasianer lain yang bahkan sudah bergabung lebih lama dari saya di platform blogging yang beken ini. 

Entah kenapa saya jadi terpikir untuk kilas balik sejenak dan mencoba mengidentifikasi kontribusi apa yang sudah saya berikan dan saya dapatkan selama tujuh tahun terakhir ini.

Berkali-kali beberapa teman saya yang tahu bahwa saya aktif menulis di Kompasiana bertanya, "Apa untungnya sih nulis di Kompasiana? Dibayar berapa?"

Pada saat saya bergabung tahun 2012 lalu, menulis di Kompasiana boleh dikatakan hanya sebatas menyalurkan ide, opini atau gagasan tanpa imbalan atau embel-embel reward apapun. Dan memang, motivasi saya bergabung di Kompasiana saat itu adalah sekadar untuk menuangkan ide dan pemikiran. 

Senang rasanya tulisan saya dibaca banyak orang dan dikomentari, karena itu berarti tulisan yang notabene adalah hasil pemikiran saya, layak untuk disimak dan diperbincangkan.

Menulis di Kompasiana bagi saya pribadi adalah proses belajar. Belajar menulis artikel yang baik dan terstruktur, belajar untuk mempertanggungjawabkan setiap kata yang kita tulis, belajar menanggapi komentar orang lain dengan tetap memperhatikan etika, belajar menahan diri untuk tidak mudah tersinggung dengan komentar negatif, dan lainnya.

Jadi kalau ditanya apa sih untungnya menulis di Kompasiana? Berikut jawaban saya:

1. Challenge

Saya tidak tahu apakah semua Kompasianer sudah membaca Syarat dan Ketentuan terkait konten yang ditetapkan oleh Kompasiana. Tapi yang pasti ada ketentuan minimal yang harus dipenuhi oleh Kompasianer dalam menayangkan artikel. 

Misalnya artikel yang ditayangkan tidak boleh kurang dari 70 kata, tidak boleh mengutip dari sumber lain lebih dari 25 persen dari total isi artikel, wajib menyertakan sumber foto, ilustrasi dan referensi sebagai pelengkap artikel, dan sebagainya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun