Mohon tunggu...
Irma Sugiyanti
Irma Sugiyanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Pekalongan

Irma Sugiyanti Mahasiswa IAIN Pekalongan jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Peran Radio sebagai Media Pemenuh Informasi di Tengah Masyarakat Modern

24 Desember 2021   00:51 Diperbarui: 24 Desember 2021   01:08 734 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Perkembangan teknologi informasi sangat pesat di masyarakat, sejarah telah menunjukan media massa termasuk radio telah mencapai perkembangan sebagai lembaga kunci di masyarakat modern. Masyarakat yang tidak mampu dan tidak suka membaca menjadikan Radio sebagai media untuk  mendapatkan sumber informasi. 

Radio kini menjadi media massa elektronik tertua yang masih aktif di gunakan oleh masyarakat. Meskipun saat ini Radio harus berkompetetif ketat dengan Televisi, Internet, Koran dan media lainnya. Namun Radio tidak berhenti untuk terus melakukan pembenahan diri dan memberikan informasi menarik agar tidak ditinggalkan oleh pendengarnya.

kemampuan adaptasi terhadap perubahan dunia, membuat Radio siaran tetap eksis dalam menjalankan fungsinya sebagai media pemenuh informasi, pendidikan, dan hiburan. Kemajuan teknologi dan hausnya masyarakat dengan informasi tidak dapat di hindari untuk memunculkan Radio siaran. 

Seperti yang di katakana oleh Marshal Mc Luhan tentang perubahan yang terjadi pada  berbagai macam komunikasi akan membentuk keberadaan itu sendiri. Dalam dunia penyiaran terdapat masa kebebasan tanpa regulasi hingga disahkan UU Penyiaran NO. 32 tahun 2002 tentang penyiaran.

Seorang penyiar mengatakan, meskipun saat ini peminat radio menurun tapi radio masih tetap eksis. Hal ini di pengaruhi oleh seorang penyiar dan bagaimana perusahaan radio tersebut mengelola program-program yang dapat menarik masyarakat untuk mendengarkan radio. 

Bagi seorang penyiar sendiri untuk mendapatkan pendengar, seorang penyiar harus memiliki ciri khas dalam menyampaikan siaran sehingga dapat berkesan di hati pendengarnya. Biasanya seorang penyiar memiliki ciri khas dalam pembawaannya, dalam melakukan siaran seorang penyiar harus penuh ekpresi sesuai dengan program dan tema yang di bawakan.

Menurut para orang tua yang menjadi pendengar radio, mereka memilih radio sebagai alternative mencari informasi dan hiburan karena mereka tidak mampu menggunakan teknologi saat ini untuk mencari informasi. 

Alasan lain mereka juga tidak bisa bertahan lama untuk membaca atau melihat informasi dari media televisi dan media lainnya. Sehingga mereka menggunakan radio sebagai media pemenuh informasi dan hiburan. 

Tidak hanya itu mereka juga bisa mendengarkan radio sembari mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Setelah saya melakukan survei kepada salah satu pendengar radio,  menghasilkan informasi baru bahwa alasan mereka sampai sekarang masih menggunakan radio, karena radio merupakan alat elektronik informasi pertama yang dia gunakan untuk mendapatkan informasi sebelum adanya media massa lainnya. Sehingga mereka ingin tetap melestarikan radio sebagai alat pemenuh informasi.

Radio merupakan alat elektronik tertua yang menyajikan informasi dan hiburan bagi masyarakat. Namun seiring perkembangan zaman radio mulai redup peminatnya, hal ini di karenakan adanya alat elektronik yang lebih canggih yang menyajikan fitur menarik di dalamnya, selain itu seiring perkembangan waktu dan zaman media massa lain mulai bermunculan sehingga menjadikan radio tergeser peminatnya. 

Akan tetapi radio tidak berhenti untuk melakukan perbaikan dalam menyajikan informasi dan hiburan, sehingga sampai saat ini radio tetap eksis dan di gemari oleh masyarakat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan