Mohon tunggu...
Irhaz Muhajir
Irhaz Muhajir Mohon Tunggu... Hello! I'm new member

Informatics Engineering Universitas Muhammadiyah Malang

Selanjutnya

Tutup

Digital

Hindari Pelanggaran UU ITE dan Pengaruh Isu Hoax!

1 Desember 2019   18:44 Diperbarui: 1 Desember 2019   18:57 74 0 0 Mohon Tunggu...

Bisa kita ketahui bersama hari ini banyak berita yang tersebar melalui sosial media juga melalui portal website yang menyediakan berita-berita baru mulai dari kasus selama pra sampai pasca pilpres yang menjadi berita lumayan panas di beberapa bulan yang lalu. Selain itu juga kasus seperti yang terjadi di papua hingga menyebabkan aksi demonstrasi alhasil beberapa masyarakat terluka, banyak berita yang beredar mengenai mengapa sampai terjadinya kasus itu di sosmed dan beberapa berita lainnya seperti pengeroyokan salah satu politisi hingga pengumuman palsu CPNS yang di lansir oleh idntimes.com. Kemajuan teknologi dan kecepatan internet di zaman yang seperti sekarang ini memang menjadi salah satu kebutuhan primer manusia modern, tidak perduli dimana pun tempatnya dan rentang usia. 

Semua pihak bebas menggunakan internet sesuai keinginannya masing-masing, download/upload file di dalam internet atau mencari berita-berita terbaru di negeri ini. Dunia maya atau cyber adalah sesuatu yang tidak dapat di kendalikan atau dapat di atur oleh suatu hal, sudah ada aturan di dalam undang-undang ITE mengenai kasus-kasus yang terjadi pada dunia cyber, namun itu masih rentang juga terjadi. 

Banyak juga yang bahkan menyebarkan informasi dalam bentuk teks, video maupun foto yang tidak sesuai dengan kejadian aslinya sehigga dapat memanipulasi isu dan situasi di dalam ruang lingkup masyarakat atau ruang publik akibat perilaku dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Memang secara baku tidak tertulis mengenai cyber ethics atau etika dunia maya, namun itu seharusnya menjadi budaya yang harus di terapkan kepada setiap pengguna ketika sedang berselanjar di internet. Benar atau salah informasi yang kita dapatkan sebenarnya tergantung dari masing-masing individu yang menggunakan fasilitas internet ingin memfungsikan internet sebagai penunjang di bidang contoh education atau informasi ataupun bisa untung menunjang efektivitas pekerjaan dll. Seiring juga perkembangan teknologi yang sangat cepat harusnya lebih banyak memberikan dampak positif daripada dampak negatif, memang dari dampak perkembangan teknologi sudah pasti memiliki segi positif dan segi negatif.

Dari sini kita bisa menentukan pilihan kita sendiri untuk lebih berhati-hati menggunakan internet yang memilik dampak sangat baik ketika digunakan untuk hal yang positif dan berdampak lebih buruk ketika di gunakan untuk hal yang negatif. Selain itu kita juga harus benar-benar paham dengan platform yang kita gunakan untuk mengakses internet sebagai contoh media sosial yang saat ini siapa yang tidak tahu dengan platform-platform ini agar tidak salah kita memfungsikan sesuai dengan yang sebagaimana seharusnya. Banyak kejadian akibat berita-berita hoax yang sampai menyebabkan cyber bullying di media sosial karena salah dalam menggunakan platform medsos tertentu yang juga merupakan salah satu yang masuk dalam kategori cyber ethics atau etika dunia maya. Maka dari sangat penting bagi kita mengenai pemahaman segi baik buruk penggunaan medsos dan cara memfungsikannya sehingga kita mendapat dampak yang positif selain di dorong oleh etika yang seharusnya di jaga dalam dunia maya. Ada beberapa tips agar kita tidak mudah terpengaruh dan menghindari berita hoax, berikut ;

  1. Hati-hari dengan judul yang provokatif
    Banyak sekarang berita yang bertebaran di internet agar dibaca atau di buka situsnya oleh user sampai harus menggunakan judul yang provokatif, namun berita yang di sajikan tidak sesuai denga fakta yang ada. Kita harus memastikan judul dan isi berita atau isu tidak memiliki unsur provokatif.

  2. Cermati halaman situs berita
    Informasi yang biasa kita dapatkan secara online biasanya akan mencantumkan sebuah link, kita harus cermati url situs tersebut apakah sudah terverifikasi sebagai situs berita yang resmi atau belum. Masih banyak berita-berita yang masih menggunakan blog atau gratis sehingga informasi yang tertera di dalam situs tersebut patut untuk di ragukan.

  3. Periksa fakta yang terjadi
    Selain itu kita harus memperhatikan sumber-sumber informasi yang di sajikan di dalam berita tersebut. Apakah berasal dari situs resmi seperti lembaga negara atau situs resmi lembaga survei, bisa juga berasal dari seorang tokoh seperti akademisi, negarawan, politisi dll. Perhatikan kebenaran antar berita yang ada dan fakta yang sebenarnya dengan membedakan berita tersebut memiliki muatan yang bersifat opini atau benar-benar fakta yang sesuai.

  4. Periksa kealian foto/video
    Kemajuan teknologi saat membuat segala sesuatu memungkinkan untuk dapat di rekayasa seperti video gambar atau media lainnya. Hasilnya adalah dari foto atau video yang di manipulasi akan memprovokastori di pembaca, maka itu kita perlu memastikan keaslian dari konten berita yang di sajikan dalam bentuk video atau foto.

    Sekian beberapa tips menurut dari sudut pandang yang saya pahami bagaimana baiknya kita dalam menggunakan dan memaksimalkan fungsi media sosial dan teknologi agar memberikan dampak yang positif untuk diri kita pribadi maupun orang lain.

VIDEO PILIHAN