Mohon tunggu...
Ircham Arifudin
Ircham Arifudin Mohon Tunggu... Wiraswasta - Kompasianer Brebes Club (KBC-53): penulis receh sekaligus penikmat kopi tanpa gula

menjadi tua itu pasti, menjadi dewasa itu pilihan

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Pemanfaatan Google Form untuk Pengumpulan Data dan Informasi dengan Cepat

6 Maret 2020   14:29 Diperbarui: 6 Maret 2020   14:45 7634 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
contoh form awal (dokpri)

Masyarakat Indonesia sangat adaptif terhadap kemajuan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, saat ini sudah banyak fasilitas-fasilitas modern yang tersedia untuk memudahkan akses informasi, termasuk hadirnya Google Formulir (google form) sebagai sebuah inovasi pengumpul data dan informasi dari platform perusahaan Google.

Google Form merupakan pengembangan dari Google Docs yang dapat digunakan untuk membuat pertanyaan berupa kuisioner, formulir, pengumpulan data dan informasi beserta jawabannya, hal dasar yang kita butuhkan hanya memiliki akun Google saja.

Banyak aktifitas kerja / organisasi yang bisa kita lakukan dengan menggunakan Google Form. Beberapa pemanfaatan Google Form yang telah kami terapkan seperti : Pendataan anggota organisasi/lembaga, laporan-laporan cepat hasil suatu kegiatan, dan pengumpulan data-data lainnya dalam waktu cepat/instan. Dengan menggunakan google form, beberapa manfaat yang kita dapatkan diantaranya:

  1. Efisiensi Waktu. Kita dapat memangkas waktu yang dibutuhkan untuk pengumpulan data-data & informasi. sebagai contoh: Pengumpulan formulir data anggota (manual) suatu organisasi/lembaga di tingkat kabupaten, biasanya memakan waktu sampai berminggu-minggu bahkan sampai beberapa bulan baru terkumpul, karena prosesnya dikolektifkan dari tingkat desa/kelurahan, kemudian dari beberapa desa dikumpulkan di tingkat kecamatan, selanjutnya dari beberapa kecamatan baru-lah terkumpul di tingkat kabupaten. 
  2. Efisiensi Tenaga/personil. Berkaitan dengan manfaat sebagimana poin 1 di atas, tentunya kita bisa mengurangi tenaga yang dibutuhkan (cara manual). Kita hanya membutuhkan personil untuk memastikan semua anggota organisasi/lembaga tersebut sudah mengisi formulir online berbasis Google Form.
  3. Efisiensi Biaya. Salah satu manfaat lain dari Google form ini tidak dipungut biaya sepeserpun, hanya dibutuhkan paket data/kuota internet/wifi  untuk mengaksesnya.
  4. Tidak dibatasi ruang & waktu. Anggota bisa mengisi formulir online dimanapun & kapanpun dia berada, sehingga tidak dibatasi dengan tempat dan waktu khusus untuk mengisi formulir tersebut.
  5. Rekap data otomatis. hal lain dari manfaat menggunakan google form adalah data yang terkumpul secara otomatis akan terekap dan tersusun sesuai waktu pengirimannya, sehingga memudahkan operator utama dalam merekap dan menyusun data dari para anggota. 

Nah, itu tadi beberapa manfaat google form untuk pengumpulan data & informasi dalam waktu cepat. tentunya banyak manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari penggunaan google form.

Untuk  membuat google form juga sangat mudah, Anda bisa mencari step by step membuat google form di google search engine. Meskipun google form juga masih ada beberapa kekurangan/kelemahan, tapi... Over all, banyak kelebihan yang bisa kita manfaatkan. Selamat mencoba....

contoh form yang telah terkirim (dokpri)
contoh form yang telah terkirim (dokpri)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan