Mohon tunggu...
Irhamna  Mjamil
Irhamna Mjamil Mohon Tunggu... Apoteker - Februari 1996

Pharmacist | Skincare Enthusiast | Writer Saya bisa dihubungi melalui email : irhamnamjamil@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Apa yang Harus Dimiliki Saat Berumur 25 Tahun?

9 Oktober 2021   21:20 Diperbarui: 9 Oktober 2021   21:53 121 8 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Seharusnya umur 25 tahun sudah memiliki tabungan 100 juta, rumah pribadi yang nyaman serta penghasilan dua digit. Memangnya benar demikian? 

Umur 25 tahun. 

Umur 25 tahun dianggap umur yang seharusnya sudah memiliki uang yang banyak dan juga income yang besar. Sayangnya kenyataannya jauh berbanding terbalik. Umur 25 tahun versi banyak anak muda masih harus berjuang dengan pendapatan dan tekanan sosial oleh masyarakat. 

Secara logika rata-rata anak muda selesai kuliah pada umur 22 tahun. Saat umur 22 tahun kebanyakan anak muda sedang berjuang memperoleh pekerjaan. Bayangkan saja di umur 23 tahun kebanyakan anak muda baru merintis karir, entah itu sebagai karyawan atau pengusaha. 

Jika dianalogikan karyawan maka di umur 23 tahun baru mencapai posisi staff. Tentunya sangat sulit mencapai posisi tertinggi dalam waktu 2 tahun dengan income yang besar. 

Memang ada beberapa orang yang sudah sukses di umur 25 namun, ada beberapa pertimbangan yang mengiringinya. Pertama, apakah berasal dari keluarga menengah ke atas atau bagaimana. Kebanyakan orang-orang sukses selalu berbagi inspirasi tentang perjuangan hidup mereka. Sayangnya tak banyak yang berbagi tentang "harta" dan "koneksi" yang dimiliki oleh orang tua. 

Percaya atau tidak ada beberapa orang yang dianugerahi harta dan relasi orang tua yang baik. Tentu saja berbeda perjuangan mereka yang berjuang dengan perut kosong dan mereka yang berjuang dengan dianugerahi fasilitas. 

Kedua, orang yang memiliki pendidikan di atas rata-rata. Bill gates berhasil menciptakan Microsoft karena saat itu sekolahnya adalah sekolah bergengsi dengan fasilitas komputer yang lengkap. Orang-orang dengan pendidikan di atas rata-rata tentunya memiliki ilmu pengetahuan yang lebih daripada orang lain. 

Perjalanan setiap orang untuk sukses tentu berbeda-beda. Ada yang sukses di umur 25 namun, ada juga yang baru sukses di umur 35 tahun. Lawan kita untuk sukses bukanlah perjalanan orang lain namun, diri sendiri. Jika memang umur 25 tahun belum mampu untuk memiliki rumah dan tabungan 100 juta lantas apa yang harus dimiliki saat berumur 25 tahun? 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Karir Selengkapnya
Lihat Karir Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan