Mohon tunggu...
Irhamna  Mjamil
Irhamna Mjamil Mohon Tunggu... Apoteker - Februari 1996

Pharmacist | Skincare Enthusiast | Writer Saya bisa dihubungi melalui email : irhamnamjamil@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Tiga Alasan Mengapa Memiliki Mentor Itu Penting

3 Juli 2021   14:14 Diperbarui: 5 Juli 2021   19:50 167 11 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tiga Alasan Mengapa Memiliki Mentor Itu Penting
Foto oleh Christina Morillo dari Pexels

Sering kali dalam perjalanan menemukan passion atau mendalami suatu bidang banyak orang yang menyerah di tengah jalan. Tentu banyak faktor yang membuat seseorang menyerah. Faktor yang paling berpengaruh adalah tidak adanya arahan dari seseorang atau sulitnya mendapatkan ilmu untuk mencapai tujuan yang diinginkan. 

Pentingnya seorang mentor dalam menwujudkan mimpi atau mencari passion

Saat masih ada di bangku kuliah, saya pernah menghadiri sebuah seminar yang menekankan pentingnya seorang mentor. Saat itu saya hanya mendengar saja tanpa pernah tertarik untuk menemukan mentor. 

Selesai menamatkan kuliah dan mengalami quarter life crisis. Saya mulai menemukan siapa diri saya dan apa yang saya suka. Sama halnya dengan banyak anak muda yang kebingungan dengan masa depannya, saya pun begitu. Beruntungnya saya bangkit dan menemukan mentor yang tepat. 

Perjalanan menemukan mentor tentu saja tak semudah membalikkan telapak tangan. Sebelum menemukan mentor yang tepat, hal pertama yang saya lakuin adalah melihat background dan pengalaman dari mentor tersebut. 

Terkadang ada mentor yang memiliki pengalaman dan pengetahuan yang baik namun, tidak sesuai dengan apa yang kita cari. Kalau ingin memiliki mentor dalam hal bisnis maka tidak mungkin bukan kita ingin mencari mentor dalam hal design ? Tentu saja ini dua hal yang berbeda. 

Kedua, cari mentor yang memiliki visi dan pemikiran yang sama. Di awal saya mencari mentor, saya tidak langsung menemukan mentor yang memiliki pemikiran yang sama. 

Awal mula niat saya ingin memiliki bisnis tidak hanya melulu soal uang. Ada hal lain yang ingin saya capai. Beberapa orang yang awalnya saya kira cocok untuk menjadi mentor ternyata memiliki visi yang berbeda. Mereka cenderung ingin memperoleh uang banyak sedangkan saya ada tujuan lain yang ingin dicapai. 

Cara yang paling mudah untuk melihat apakah orang tersebut bisa dijadikan mentor yang tepat adalah dengan berdiskusi. Jika diskusi dan hal-hal yang ditanyakan mampu mengubah sudut pandang maka bisa jadi orang tersebut adalah mentor yang cocok. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN