Mohon tunggu...
Irhamna  Mjamil
Irhamna Mjamil Mohon Tunggu... Februari 1996

Pharmacist | Skincare Enthusiast | Writer Saya bisa dihubungi melalui email : irhamnamjamil@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Hobi Artikel Utama

CTMP, Teknik Dasar Skincare yang Wajib Dilakukan oleh Semua Orang

24 Mei 2021   15:57 Diperbarui: 28 Mei 2021   19:36 305 31 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
CTMP, Teknik Dasar Skincare yang Wajib Dilakukan oleh Semua Orang
Ilustrasi membersihkan wajah. Sumber: Shutterstock via Kompas.com

Salah satu alasan mengapa orang malas melakukan skincare rutin adalah terlalu ribet dan membutuhkan waktu yang lama. Terlebih tren 10 step skincare ala negeri ginseng yang mendengarnya saja membuat banyak orang malas. 

Sebenernya ada teknik dasar skincare yang bisa dipraktikkan oleh semua orang. Terlebih teknik dasar ini hukumnya wajib bagi setiap orang, laki-laki maupun perempuan. Jika malas untuk melakukan tahapan skincare yang dinilai cukup memakan waktu, boleh hanya menggunakan teknik dasar saja. 

Skincare sebenarnya dirancang untuk menjaga kulit agar tetap sehat. Seperti halnya uang dan harta, melakukan skincare bertujuan untuk investasi kulit di masa yang akan datang. 

Jika terbiasa melakukan teknik dasar skincare ini saya yakin akan ketagihan untuk mencoba yang lain. Tak mencoba yang lain pun tidak apa-apa, cukup dengan 4 teknik dasar ini sudah cukup menjaga kulit. Berikut ulasan dari 4 teknik tersebut : 

1. C (Cleansing). 

Cleansing atau membersihkan muka wajib hukumnya. Sama halnya seperti badan yang setiap hari terpapar dengan debu dan kotoran lainnya dan kita mandi untuk membersihkannya. Hal yang sama juga harus dilakukan di kulit wajah. 

Untuk membersihkan kulit wajah ada 2 tahapan yang harus dilakukan. Dua tahapan tersebut dinamakan double cleansing. Double cleansing bermanfaat untuk membersihkan kulit wajah secara menyeluruh. 

Tahapan pertama, yaitu membersihkan wajah dengan oil based skincare. Ada banyak skincare dengan based minyak yang dijual di pasaran. Ada cleansing oil, milk cleanser, dan lain sebagainya. 

Tahapan pertama ini bertujuan untuk membersihkan kotoran-kotoran yang tidak bisa diangkat dengan air, contohnya make up yang lebih larut minyak sehingga sulit dibersihkan dengan air. 

Tahapan kedua, yaitu membersihkan kulit wajah dengan facial wash yang dijual di pasaran lalu membilasnya dengan air. Tentu saja facial wash yang dipilih berdasarkan kondisi kulit. 

Foto oleh KoolShooters dari Pexels
Foto oleh KoolShooters dari Pexels

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x