Mohon tunggu...
Irhamna  Mjamil
Irhamna Mjamil Mohon Tunggu... Februari 1996

Pharmacist | Skincare Enthusiast | Writer Saya bisa dihubungi melalui email : irhamnamjamil@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Tak Melulu Negatif, Mengoleksi Barang Juga Punya Sisi Positif

5 Mei 2021   21:56 Diperbarui: 5 Mei 2021   22:01 214 12 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tak Melulu Negatif, Mengoleksi Barang Juga Punya Sisi Positif
Koleksi jam tangan, Foto oleh Mister Mister dari Pexels

Perempuan adalah makhluk yang sering berkata tidak ada baju ketika akan berpergian, padahal baju di lemari pakaian sudah hampir penuh. 

Kalimat di atas bukan sekedar mitos belakang. Tak heran perempuan sering diidentikkan dengan suka mengoleksi barang entah itu baju atau aksesoris. Meskipun banyak juga lelaki yang memiliki hobi pengoleksi barang.

Ngomong-ngomong soal hobi koleksi barang. Sering kali orang memandang negatif hobi tersebut karena identik dengan sifat menghambur-hamburkan uang. Padahal memiliki hobi mengoleksi barang memiliki sisi positif juga, apa sisi positifnya? 

1. Dapat Menurunkan Stres. 

Orang yang memiliki hobi untuk mengoleksi barang jarang stres jika sudah berhubungan dengan barang yang dikoleksinya. Contoh nyata, adalah tante saya sendiri. Tante saya memang cinta sekali dengan bunga dan punya banyak sekali koleksi bunga. 

Bunga memang sempat booming saat pandemi karena kebosanan orang harus di rumah saja. Seiring berjalannya waktu tentu saja tren menanam bunga ini hilang, karena mulai berlakunya new normal dan orang mulai keluar rumah lagi. Hal yang tersebut justru tak dialami oleh tante saya, ia tetap hobi mengoleksi bunga. Tak bisa diam jika melihat bunga yang cantik. Tak jarang apabila sedang pusing dengan tagihan atau rumah yang kotor, moodnya langsung berubah ketika sudah melihat bunga di halaman rumah. Bunga ibarat coklat yang dapat memberikan kebahagiaan bagi tante saya. 

2. Belajar Banyak Hal Baru. 

Coba tanyakan tentang barang antik pada orang yang memiliki hobi mengoleksi barang antik ? Tentu saja ia langsung bisa menjawab dari A sampai Z. Dengan memiliki hobi sebagai pengoleksi barang tentu kita dituntut untuk belajar banyak hal baru. 

Pengoleksi lipstik tentu saja ia akan belajar tentang lipstik baik itu merk hingga shade-nya. Begitu pula dengan pengoleksi tas, tentu ia akan tahu mana tas dengan kualitas bagus mana yang tidak. Dengan menjadi pengoleksi barang, seseorang akan dituntut untuk terus belajar hal baru. 

Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels
Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN