Mohon tunggu...
irfan syahputra
irfan syahputra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Orang penikmat musik dan suka bermain bulutangkis walaupun tidak bisa mainya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN Tim II Undip Mengadakan Sosialisasi Pencegahan Kekerasan Seksual pada Anak

15 Agustus 2022   17:32 Diperbarui: 15 Agustus 2022   17:39 42 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kendal(7/9/2022)- - Dalam upaya meningkatkan perlindungan anak di Kelurahan Kebondalem, Mahasiswa TIM II UNDIP tahun 2022 menyelenggarakan kegiatan "Sosialisasi Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak".

Permasalahan pelecehandan kekerasan seksual pada anak saat ini mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, yang menjadi korban bukan hanya anak-anak bahkan anak umur lima tahun sudah menjadi korban. Bahkan pelaku tidak hanya berasal dari orang asing, bisa juga berasal dari lingkungan keluarga atau lingkungan terdekat.

Di Kelurahan Kebondalem khususnya RW 03 RT 14 banyak terdapat anak seumuran Paud sampai SD sering bermain di lingkungan kampung mereka. 

Anak-anak tersebut sering melakukan perilaku mencolek badan yang seharusnya tidak boleh disentuh maupun dilihat oleh orang lain tanpa seizin anak tadi. Hal ini yang mendasari Mahasiswa KKN UNDIP melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak di RT 14/ RW 03 Kelurahan Kebondalem Kendal.

Kegiatan ini dilangsungkan di Depan Rumah Warga, RT 14 dengan dihadiri 11 orang peserta dari adik adik kalangan TK sampai Sekolah Dasar dari RT 14/03 Kelurahan Kebondalem Kendal

Adanya Kegiatan Sosialisasi ini, walau sendiri Mahasiswa KKN TIM II UNDIP berupaya turut serta menggencarkan program Mitigasi mengenai Kekerasan seksual, khususnya untuk pencegahan kekerasan dan pelecehan seksual pada anak.

Dokpri
Dokpri

Dengan adanya program "Sosialisasi pencegahan kekerasan seksual pada anak" yang mana dalam pelaksanaanya diisi dengan penyampaian materi oleh Mahasiswa KKN itu sendiri,

Kegiatan ini mendapatkan respon positif dari para peserta dan menciptakan interaksi aktif berupa tanya jawab pertanyaan singkat mengenai bagian tubuh mana yang boleh dilihat dan disentuh oleh orang lain.

Selain penyampaian materi, kegiatan ini juga diisi oleh hiburan perlombaan mewarnai yang dibagi menjadi tiga kelas pertandingan, dari TK, kelas 1 2 3, lalu kelas 4 5 6. Mahasiswa KKN TIM II undip juga memberikan berupa leaflet berisikan Mitigasi Kekerasan dan Pelecehan Seksual Pada anak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan