Mohon tunggu...
Irfan Suparman
Irfan Suparman Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Fakultas Hukum, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

Harapan Atas Kurikulum Industri yang Akan Datang

29 Juli 2021   13:00 Diperbarui: 29 Juli 2021   13:15 160 8 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Harapan Atas Kurikulum Industri yang Akan Datang
ilustrasi oleh pixabay.com

Mendengar  kata industri seperti mendengar kata yang terlarang bagi sebagian orang. Dalam KBBI, Industri merupakan kegiatan memproses atau mengolah barang dengan menggunakan sarana dan peralatan, misalnya mesin. 

Di abad 21 ini khususnya di Indonesia, kata Industri berhubungan erat dengan Revolusi Industri 4.0 yang digaungkan oleh pemerintah. Pada era ini, industri tidak hanya bergantung pada mesin tetapi juga komputer dan internet.

Pada masa pemerintahan presiden Jokowi, kampus harus disarankan menggunakan kurikulum industri bukan lagi kurikulum dari dosen. Menurutnya, di era yang serba canggih ini mahasiswa harus beradaptasi dengan kemajuan teknologi dan informasi. 

Untuk itu penting sekali memahami industri di era revolusi industri 4.0 supaya sumber daya manusia yang ada tidak akan kalah saing dengan zamannya, akan tetapi permintaan tersebut menuai pro dan kontra di masyarakat. Polemik tersebut bersumber dari kalangan mahasiswa hingga dosen.

Sebenarnya pada abad ke 21 ini menurut Yuval Noah Harari dalam bukunya 21 Adab Untuk Abad 21, adalah abad yang penuh kebingungan. Abad ini hadir dengan kemajuan teknologi dan informasi yang pesat sekaligus tidak terbendung yang diprediksi akan menjadi ancaman bagi umat manusia dikemudian hari. 

Bukan hanya itu, pada bab terakhir Yuval Noah, beranggapan bahwa yang dibutuhkan umat manusia saat ini bukan hanya meningkatkan kecerdasan intelegensi tapi lebih diutamakan meningkatkan kecerdasan emosional.

Untuk menyikapi zaman ini dengan kemajuan teknologi yang besar, seharusnya kita bukan hanya dituntut untuk mengerti perkembangan industri pada era disrupsi teknologi dan informasi. 

Namun, kita harus memahami dan menyikapi ancaman yang akan datang yang disebabkan oleh disrupsi ini. Kurikulum industri bisa menjadi solusi dan ancaman sekaligus bagi kehidupan Indonesia kelak.

Kita tidak bisa menutup mata atas persoalan yang terjadi di Indonesia, seperti kebakaran hutan dan kebocoran data pribadi yang sedang populer diperbincangkan. Pelaku utamanya adalah industri. 

Dari industri yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat modern sampai menjadi industri yang mengancam kehidupan di bumi. Kita sadari perubahan iklim merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari industri dan kegiatan ekonomi masyarakat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN