Mohon tunggu...
IrfanPras
IrfanPras Mohon Tunggu... Narablog

Dilarang memuat ulang artikel untuk komersial. Memuat ulang artikel untuk kebutuhan Fair Use diperbolehkan, sila hubungi penulis melalui surel: cupliswala@gmail.com website: https://prasetyoirfan.wordpress.com/

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Apa Alasan IFFHS Menobatkan Serie A Italia sebagai Liga Terbaik Dunia?

23 Januari 2021   19:08 Diperbarui: 25 Januari 2021   21:03 2025 28 11 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apa Alasan IFFHS Menobatkan Serie A Italia sebagai Liga Terbaik Dunia?
IFFHS World's Best National League In The World 2020. | foto: iffhs.de/posts/911

Kemarin (20/1), International Federation of Football History & Statistics (IFFHS) merilis publikasi yang mencengangkan. Setelah 14 tahun, IFFHS kembali menobatkan Serie A Italia sebagai Liga Terbaik Dunia untuk tahun 2020.

Wow, sungguh hasil yang diluar dugaan. Tifosi Serie A yang mendengar kabar ini juga kompak terkejut. Di media sosial sendiri, berita tersebut malah memicu gunjingan. Ya, intinya heran, kok bisa Serie A jadi liga terbaik?

Tangkapan layar ranking liga terbaik dunia tahun 2020 dari iffhs.de/posts/911
Tangkapan layar ranking liga terbaik dunia tahun 2020 dari iffhs.de/posts/911
Sebelum membahas alasan IFFHS mendapuk Serie A Italia sebagai liga terbaik dunia, ada baiknya kita tabayyun dulu kepada IFFHS. Siapa sih mereka ini? Apa wewenang mereka dan bagaimana kredibilitas mereka?

IFFHS Tidak Bekerja di Bawah FIFA

Dilansir dari situs resminya, Federasi Sejarah dan Statistik Sepak Bola Internasional (IFFHS) didirikan pada 24 Maret 1984 di Leipzig, Jerman dan sejak 2014 lalu berkantor di kota yang sama dengan FIFA, yaitu Kota Zurich, Swiss. Lalu, apa kaitan IFFHS dengan FIFA, induk organisasi sepak bola terbesar di dunia?

IFFHS dibentuk pada 1984 oleh Dr. Alfredo Poge dengan restu langsung dari sekjen FIFA saat itu, Helmut Kaser. Setelah IFFHS resmi berbadan hukum, mereka merekrut banyak anggota dari berbagai negara dan ahli statistik serta sejarawan.

Dari awal terbentuknya, IFFHS memiliki tujuan untuk menerbitkan dokumen kronologis ilmiah sepak bola dan mencatat berbagai rekor, sejarah, dan statistik di semua bidang sepak bola. Kegiatan IFFHS ini sesuai dengan pedoman FIFA, tidak melanggar statuta, dan didukung langsung oleh FIFA.  

Akan tetapi, IFFHS dan FIFA bekerja sendiri-sendiri. Melalui situs resminya, FIFA juga menyatakan bahwa mereka tidak memiliki afiliasi dengan IFFHS. Baik FIFA dan IFFHS punya sistem ranking sendiri.

IFFHS sendiri tidak hanya mempublikasikan liga terbaik dunia. Mereka juga mempublikasikan klub terbaik tiap kontinental, klub terbaik dunia, pemain terbaik tiap benua dan dunia, hingga Starting X1 terbaik versi IFFHS.

Jujur, saya sendiri tak terlalu memahami struktur organisasi IFFHS, tapi yang pasti mereka berisi beberapa perwakilan federasi sepak bola dari berbagai negera, ahli statistik, hingga sejarawan. Inilah sebab IFFHS bisa bikin banyak publikasi.

Nah, sudah kenal dengan IFFHS kan? Kalau belum, buka saja situs resmi IFFHS. Sebab, tak mungkin saya tulis profil lengkapnya di sini, karena pembahasan utamanya bukan itu!

Apa penyebab Serie A Italia dinobatkan sebagai liga terbaik dunia oleh IFFHS?  

Banyak yang berkoar-koar bahwa Premier League alis Liga Inggris adalah liga terbaik dunia. Sebagian besar penggemar Premier League bahkan membuat bermacam opini dan argumen untuk memperkuat keyakinan mereka itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x