Mohon tunggu...
IrfanPras
IrfanPras Mohon Tunggu... Blogger

Blogger | Penulis artikel bola | Milanisti | Mari bicara bola sambil ngopi dan ngemil martabak. email: muhirfanpras@gmail.com website: https://prasetyoirfan.wordpress.com/

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

M'Bala Nzola, Sensasi Baru di Italia dan Bukti Serie A Tak Pernah Kehabisan Talenta

17 Januari 2021   20:00 Diperbarui: 17 Januari 2021   20:05 651 22 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
M'Bala Nzola, Sensasi Baru di Italia dan Bukti Serie A Tak Pernah Kehabisan Talenta
Striker Spezia Calcio, M'Bala Nzola. | foto: Chris Ricco/Getty Images via vivagoal.com

Kompetisi kasta tertinggi sepak bola Italia, Serie A kerap kali dicap membosankan, tertinggal, hingga dianggap liganya orang tua. Namun, faktanya Serie A Italia tidak pernah kehabisan talenta yang sukses jadi sensasi.

Tahukah Anda, bahwa gelandang andalan Manchester United, Bruno Fernandes dulunya merupakan pemain Serie A? Bruno bahkan memulai karier profesionalnya bersama tim junior Novara dan menjalani debut profesionalnya bersama Novara di Serie B saat usianya baru 18 tahun pada tahun 2012 lalu.

Bruno Fernandes tercatat bermain selama 4 musim di Serie A dari tahun 2013 hingga 2017. Selama periode itu, Bruno membela Udinese selama 3 musim dan Sampdoria semusim sebelum dibeli Sporting CP pada Juni 2017. Bruno adalah salah satu talenta yang mencuat di Serie A kala itu.    

Kini, salah satu talenta teranyar yang muncul di Serie A adalah M'Bala Nzola. Namanya pasti cukup asing bagi pembaca, apalagi bila Anda bukan penonton Serie A. Sebab, Nzola hanyalah striker dari tim promosi Spezia.

Wajar bila banyak pihak tak mengenal Nzola. Klub yang ia bela, Spezia merupakan klub promosi dan saat ini hanya menghuni peringkat 14 di papan klasemen Serie A musim 2020/2021.

Nama M'Bala Nzola makin tak populer baik di kancah Eropa maupun dunia, sebab ia hanyalah pemuda kulit hitam berusia 24 tahun. Tak bermaksud menyinggung ras, Nzola bisa dikatakan kaum minoritas di Italia. Walaupun lahir di Prancis, Nzola punya keturunan Angola yang membuatnya bisa membela negara asal Afrika tersebut.

Sedikit informasi, sependek pengalaman saya menonton Serie A, beberapa suporter di Italia sangat terkenal rasis terhadap kaum kulit hitam. Mereka yang sudah jelas memegang paspor Italia seperti Balotelli saja diejek, apalagi mereka yang berpaspor negara dari Afrika.

Akan tetapi, bila nantinya ada ujuran rasis kepada M'Bala Nzola, saya rasa sangat keterlaluan. Apa sebabnya?

M'Bala Nzola Sudah Berkompetisi di Sepak Bola Italia Sejak Usia Muda

Sejak berusia 20 tahun, Nzola sudah membela klub Italia. Kala itu, di musim 2016/2017, Nzola dikontrak oleh Virtus Francavilla, klub yang berlaga di kompetisi Lega Pro atau yang kini lebih dikenal sebagai Serie C, kompetisi kasta ketiga di Italia.

Semusim kemudian, Nzola membela Carpi yang berkompetisi di Serie B. Hanya 14 kali tampil dan mencatat 3 asis, tanpa membuat 1 gol pun, Nzola dipinjamkan dengan opsi beli ke klub Serie C, Trapani di musim berikutnya.

Mencetak 8 gol dan mengantar Trapani promosi ke Serie B di akhir musim 2018/2019, Nzola dipermanenkan Trapani dari Carpi. Baru setengah musim membela Trapani di Serie B 2019/2020, Nzola dipinjam Spezia di bulan Januari tahun lalu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN