Mohon tunggu...
Muhamad Irfan Prasetyo
Muhamad Irfan Prasetyo Mohon Tunggu... Blogger

Blogger | Penulis artikel bola | Milanisti | Mari bicara bola sambil ngopi dan ngemil martabak. email: muhirfanpras@gmail.com website: https://prasetyoirfan.wordpress.com/

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Liga 1 Tak Jelas, Pemain Hengkang ke Luar Negeri

29 November 2020   13:24 Diperbarui: 30 November 2020   09:03 484 21 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Liga 1 Tak Jelas, Pemain Hengkang ke Luar Negeri
Kontestan Liga 1 musim 2020. | Foto: bolasport.com

Kompetisi Liga 1 2020 makin tak jelas. Suram! Setelah dalam 2 kesempatan tak diberi izin kepolisian, kini pelaksanaan lanjutan Liga 1 kembali terancam ditunda.

Sekadar mengingatkan, lanjutan Liga 1 awalnya dijadwalkan digelar pada Oktober lalu. PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi sepak bola profesional di Indonesia sudah meminta izin keramaian kepada pihak kepolisian.

Seperti yang kita ketahui, beberapa hari jelang kick-off, kepolisian tidak jadi mengeluarkan izin keramaian untuk menggelar Liga 1. Alasannya, angka kasus penyebaran virus corona masih tinggi saat itu.

Demi kesehatan bersama. Begitu narasinya, tapi lucunya, polisi kini fokus ke pengamanan Pilkada yang akan digelar Desember besok. Padahal apa bedanya dengan pertandingan bola? Sama-sama menimbulkan keramaian kan?

Sempat meminta izin lagi agar bisa digelar November, kini PT LIB bersiap menggelar lanjutan Liga 1 dengan tajuk musim 2020/2021 pada bulan Februari 2021. Sayangnya, muncul kabar buruk lagi kalau kick-off bisa kembali mundur.

Adalah Direktur utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita yang menyampaikan kabar duka itu. Sebelumnya, PT LIB sudah bertemu dengan Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri beberapa waktu lalu terkait izin kompetisi Liga 1 dan Liga 2.

Sayangnya, hingga kini belum ada kepastian izin dari pihak polri karena menunggu keputusan dan kebijakan dari Kapolri. Akhmad Hadian mengaku, kepastian izin sebisa mungkin turun bulan Desember, sebab bila turun setelah itu, liga bisa molor lagi.

"Kami meminta kalau boleh maksimal akhir Desember 2020 sudah ada kepastian agar klub-klub memiliki waktu untuk bersiap. Sekarang pemain juga masih berada di mana-mana. Kalau izin keluar, misalnya akhir Januari 2021, liga baru bisa dimulai Maret 2021. LIB belum ada persiapan untuk itu," ujar Akhmad diwartakan Antara, dikutip dari goal.com

Kekhawatiran kacaunya jadwal liga di tahun depan sangatlah berdasar. Tahun 2021, agenda sepak bola kita padat merayap.

Dua event paling akbar adalah Piala Asia U-19 pada Maret 2021 dan Piala Dunia U-20 pada bulan Mei-Juni 2021, dimana Indonesia jadi tuan rumahnya. Maka dari itu, timnas U-19 terus melakukan TC di berbagai tempat.

Belum lagi adanya agenda timnas senior di Pra Piala Dunia 2022 dan Piala AFF yang direncanakan berlangsung pada 11 April--8 Mei 2021. Maka dari itu, bila tak ada kompetisi, pemain level timnas kita bisa kedodoran dalam ajang internasional.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN