Mohon tunggu...
Muhamad Irfan Prasetyo
Muhamad Irfan Prasetyo Mohon Tunggu... Blogger

Blogger | Penulis artikel bola | Milanisti | Mari bicara bola sambil ngopi dan ngemil martabak. email: muhirfanpras@gmail.com website: https://prasetyoirfan.wordpress.com/

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Real Sociedad dan Rahasianya Puncaki Klasemen La Liga

27 November 2020   07:13 Diperbarui: 27 November 2020   16:52 713 24 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Real Sociedad dan Rahasianya Puncaki Klasemen La Liga
Real Sociedad jalani start bagus di awal musim 2020/2021 dengan memuncaki klasemen La Liga (foto: skuad Real Sociedad 2020/2021). | foto: Twitter @RealSociedadEN

Bila AC Milan dan Tottenham Hotspur jadi pemuncak klasemen di liganya pada awal musim ini, maka hal tersebut cukup bisa dimaklumi. Namun apa jadinya bila Real Sociedad yang jadi pemuncak klasemen sementara La Liga?

Begitulah kondisi tabel klasemen beberapa liga top eropa. Hingga pekan ke-8, Milan memimpin Serie A dengan keunggulan 4 poin dari juara bertahan Juventus di posisi ke-4. Sementara Spurs tengah memimpin Premier League dengan poin 20, unggul agresivitas dari Liverpool di posisi kedua.

Bisa dipahami, baik Milan dan Spurs memang sering kita perbincangkan sebagai tim kuat. Ya, walaupun keduanya tak kunjung meraih trofi belakangan ini, tapi setidaknya kabar mereka layak dijadikan headline atau sekadar bahan gosip.

Sejak adanya pandemi virus corona, kompetisi sepak bola dunia berjalan agak aneh. Stadion sepi karena masih belum terbuka untuk suporter. Kalaupun sudah ada yang membuka stadion untuk umum, sorak sorai yel-yel yang sering kita dengar masih lirih dan kurang semangat.

Belum lagi bertambahnya jenis cedera. Biasanya pesepak bola absen karena cedera fisik, atau kasus yang sangat jarang terjadi absen karena cedera mental seperti Josip Ilicic di Atalanta. Nah, satu keanehan lagi adalah, peta persaingan yang sedikit bergeser.  

Klasemen sementara La Liga, Premier League, dan La Liga. | foto: Dokumen Pribadi
Klasemen sementara La Liga, Premier League, dan La Liga. | foto: Dokumen Pribadi
Banyak bermunculan tim kejutan selama pandemi ini. Ada yang bangkit, ada pula yang nyungsep. Lalu ada pula yang mendadak jadi headline, padahal sebelumnya sangat jarang jadi topik perbincangan.

Mereka adalah Real Sociedad di La Liga. Tim yang bercorak biru-putih itu kini tengah memuncaki klasemen La Liga di atas Real Madrid, Atletico Madrid, dan Barcelona. Hingga pekan ke-10, Sociedad sudah mengumpulkan 23 poin hasil 7 kemenangan, 2 hasil imbang, dan baru sekali kalah.

Hebantnya, tim yang biasa dipanggil Erreala di Basque ini sudah memuncaki klasemen Liga Spanyol selama 5 pekan terakhir dengan 6 laga terakhirnya berakhir kemenangan. Tim yang bermarkas di Reale Arena ini juga jadi yang paling produktif di liga dengan 21 golnya.

Pertanyaannya sekarang, apa penyebabnya hingga Real Sociedad mampu memuncaki klasemen La Liga di atas Barcelona dan duo Madrid? Apakah karena faktor David Silva yang jadi motor serangan tim?

Saya rasa argumentasi semacam itu salah besar. Mengkultuskan sosok David Silva seorang sebagai kunci keberhasilan Sociedad saat ini sangatlah tidak adil. Memang Silva pemain sarat pengalaman, tapi dia bukan satu-satunya sosok penting di kubu Erreala.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x