Mohon tunggu...
IrfanPras
IrfanPras Mohon Tunggu... Freelancer - Narablog

Dilarang memuat ulang artikel untuk komersial. Memuat ulang artikel untuk kebutuhan Fair Use diperbolehkan.

Selanjutnya

Tutup

Gadget Pilihan

Mau Jadi Penulis Artikel Bola di Kompasiana? Tonton Dulu Channel YouTube Berikut Biar Tulisanmu Gak Basi!

22 Agustus 2020   17:09 Diperbarui: 22 Agustus 2020   16:55 162
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Salah satu konten Tifo Football. | foto: Twitter @TifoFootball_

Pertama-tama, saya pribadi bersyukur. Sebagai kompasianer yang lebih banyak fokus di kategori olahraga utamanya sepak bola, sekarang makin banyak kompasianer yang menulis artikel bola di kompasiana.

Apalagi semenjak "A to Z Kompasiana dengan tema Tips Olah Konten Olahraga" dilangsungkan, animo kompasianer untuk menulis artikel olahraga rasanya bertambah. Jujur, saya suka dan senang karena akhirnya banyak temannya, hehe.

Akan tetapi, ini yang kedua, saya juga sedikit menemukan pola, kebiasaan, dan karakter mayoritas penghuni dan pengunjung kompasiana khususnya di kategori bola. Beberapa pekan ini saya mencoba menulis artikel bola dengan topik yang berbeda, yaitu membahas sepak bola secara taktikal. Apa hasilnya?

Ternyata, tulisan saya itu masih kalah populer dan kalah pembacanya dengan tulisan yang isinya lebih ringan. Saya tidak masalah, karena saya juga paham bahwa kompasiana isinya macam-macam dan bukan media khusus bola, jadi ya wajar. Masalahnya, saya banyak menemukan tulisan yang sudah temanya sama, isinya juga sama.

Nah loh, gimana tuh? Hasil khusnudzon saya pribadi, masih banyak kompasianer yang sumber/referensi untuk tulisannya sama persis jadi ya maklum saja bila hasilnya gak jauh beda. Kebanyakan sumbernya juga berasal dari web/media sepak bola lokal.

Nah, bila demikian potensi kesamaan akan terjadi. Tidak cuma itu, bisa jadi artikelnya basi, karena sudah banyak kompasianer yang nulis topik tersebut. Maka dari itu, disini saya akan merekomendasikan beberapa channel YouTube yang fokus kontennya soal sepak bola untuk menambah wawasan terkait sepak bola dari berbagai sudut pandang sekaligus memberi tambahan referensi untuk menulis artikel bola agar artikelnya gak basi.


Memang bisa belajar bola dari YouTube? Ya bisa dong! Otomotif saja bisa apalagi bola, hehe. Daripada terus berpanjang kali lebar, mari simak ulasannya berikut ini.  

1. Tifo Football

Channel pertama yang saya rekomendasikan adalah Tifo Football. Mereka berasal dari Inggris. Apa saja yang dibahas? Ada pembahasan taktik tentunya, sejarah (klub, pemain, pelatih), dan kadang juga membahas bisnis dalam sepak bola.

Channel ini tentunya berbahasa Inggris ya. Kalau kompasianer kurang bagus dalam listening bisa hidupkan subtitle agar memudahkan untuk memahami isi pembahasannya. Oiya, selain pembahasan tadi, Tifo Football juga membahas isu-isu transfer, kalau di waktu bursa transfer begini mereka juga memberi opini mereka soal pemain yang layak dibeli sebuah klub.

Pokoknya channel ini sangat lengkap pembahasannya, ada fakta, data, dan juga opini. Menurut saya bahasanya juga enak dipahami. Mereka juga punya podcast. Fakta inspiratifnya, Tifo Footbal ini punya sponsor lo. Entah dibeli entah didanai oleh The Athletic, web media jurnalistik olahraga terkemuka yang punya kantor di Amerika dan UK.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun