Mohon tunggu...
Muhamad Irfan Prasetyo
Muhamad Irfan Prasetyo Mohon Tunggu... Blogger

Blogger aktif. Penulis artikel bola. Penggemar Sepakbola dan fans setia AC Milan. email: muhirfanpras@gmail.com website: https://prasetyoirfan.wordpress.com/

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Filosofi Heat Treatment Baja Karbon pada Realita Kehidupan Manusia

21 Mei 2020   11:35 Diperbarui: 21 Mei 2020   15:57 56 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Filosofi Heat Treatment Baja Karbon pada Realita Kehidupan Manusia
Gambar oleh Lutz Krger dari Pixabay

"Hal paling sederhana dan mendasar dalam kehidupan: perjuangan kita menentukan kesuksesan kita"

-Mark Manson dalam bukunya Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat-

Baja karbon merupakan salah satu jenis baja paduan yang terdiri atas unsur dasar besi (Fe) dan unsur paduan berupa karbon (C). Kandungan karbon dalam baja tersebut berfungsi sebagai unsur pengeras dalam struktur baja.

Baja karbon sendiri dibagi menjadi 3 jenis berdasarkan kandungan karbonnya. Ada baja karbon rendah, baja karbon sedang, dan baja karbon tinggi. Apa bedanya?

Karbon (C) adalah salah satu penentu sifat material. Semakin banyak kandungan karbon pada baja maka tingkat kekerasannya makin tinggi. Kekerasan (hardness) sendiri merupakan sifat material yang berarti kemampuan material dalam menahan gaya tekan atau deformasi akibat penetrasi material lain pada permukaan.

Perumpamaan baja karbon itu jika kita tarik ke realita bagaikan manusia berilmu.  Karbon sebagai unsur paduan bisa kita asumsikan sebagai pengalaman di kehidupan nyata. Makin banyak pengalaman hidupnya, makin menghasilkan pribadi yang bermental tangguh. Tangguh menghadapi segala ujian cobaan seperti baja karbon yang memiliki tingkat kekerasan tinggi.

Namun tak berarti suatu baja karbon rendah selamanya akan kalah keras dari baja karbon tinggi. Unsur karbon pada baja itu sangat memungkinkan untuk ditingkatkan kekerasannya, yaitu dengan cara memberikan perlakuan panas (heat treatment).

Perlakuan panas (heat treatment) merupakan suatu metode yang fungsinya untuk mengubah sifat fisik atau struktur mikro suatu logam lewat proses pemanasan dan pengaturan kecepatan pendinginan dengan atau tanpa mengubah komposisi kimia material tersebut.

Heat treatment pada logam secara umum mempertimbangkan 3 hal berikut, suhu, waktu, dan komposisi. Sama seperti ketika kita ingin membuat bakso, butuh komposisi yang pas, waktu dan suhu masak yang sesuai agar menghasilkan bakso yang padat, permukaannya rata namun masih kenyal dan enak. Nah, heat treatment pada baja karbon juga seperti itu perumpamannya, tujuannya mengubah sifat materialnya melalui perubahan fasa materialnya.

Perumpaan heat treatment yang bermaksud memperbaiki sifat material itu seperti manusia yang sedang belajar untuk mengubah nasib dan peruntungannya melalui ilmu dan pengalaman.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN