Mohon tunggu...
Muhamad Irfan Prasetyo
Muhamad Irfan Prasetyo Mohon Tunggu... Blogger

Mahasiswa, Belajar menulis, Blogger aktif. Penggemar Sepakbola dan fans setia AC Milan. website: https://prasetyoirfan.wordpress.com/

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Nasib Tim Debutan dan Juara Bertahan di Piala Eropa 2020

3 Desember 2019   23:07 Diperbarui: 4 Desember 2019   06:06 0 4 2 Mohon Tunggu...
Nasib Tim Debutan dan Juara Bertahan di Piala Eropa 2020
Trofi Piala Eropa 2020 akan diperebutkan 24 tim (sumber: bola.kompas.com)

Jumat 22 November lalu, UEFA telah melakukan drawing babak playoff untuk menentukan 4 tim yang berhak memperoleh tiket sisa ke Piala Eropa 2020.

Tahukah pembaca, berbeda dengan edisi Piala Eropa yang lalu, babak playoff kali ini diperebutkan 16 tim. Babak playoff yang akan berlangsung pada pertengahan Maret tahun depan.

Berbeda dengan edisi Piala Eropa sebelumnya, tim yang lolos babak playoff tidak lagi ditentukan oleh peringkat 3 terbaik pada babak kualifikasi, namun penentuan ke-16 tim tersebut didasarkan pada hasil UEFA Nations League 2018-2019.

Jadi, kualifikasi Piala Eropa kemarin murni untuk menentukan 2 tim pada masing-masing grup yang lolos otomastis ke putaran final Piala Eropa 2020. Jika pembaca jeli, sesungguhnya kualifikasi Piala Eropa sudah dimulai sejak UEFA Nations League berlangsung bukan ketika kualifikasi resminya bergulir. Sistem yang menarik bukan?

Bagan hasil undian babak playoff Piala Eropa 2020 (sumber: squawka)
Bagan hasil undian babak playoff Piala Eropa 2020 (sumber: squawka)
Ke-16 tim tersebut dibagi menjadi empat jalur babak playoff atau delapan pertandingan semifinal di tiap tiap grupnya.

Nah, bagi yang belum paham, UEFA Nations League dibagi menjadi 4 liga, Liga A, B, C, dan D. Pembagian peserta masing-masing liga ditentukan oleh peringkat negaranya di ranking FIFA. Masing-masing penghuni peringkat atas pada babak grup Nations League bakal mendapat tiket playoff Piala Eropa 2020. Jadi, grup A bakal dihuni tim dari Nations League A yang belum lolos babak kualifikasi, begitu seterusnya hingga grup D. Menariknya, pada grup D dihuni negara-negara yang belum pernah tampil sama sekali pada putaran final Piala Eropa.

Calon tim debutan Piala Eropa 2020

Pada babak playoff ini bakal ada calon tim debutan lagi yang berpeluang tampil perdana di Piala Eropa 2020. Sebelumnya, Finlandia telah sukses merebut satu tiket putaran final Piala Eropa dan bakal tampil di ajang ini untuk pertama kalinya.

Pada babak playoff ini ada 6 tim yang belum pernah berlaga pada putaran final Piala Eropa. Namun secara teori hanya ada 3 tim dari 6 tim tersebut yang punya peluang lolos. Alasannya jelas karena 4 tim harus saling mengalahkan di grup D.

Grup D yang berisi Georgia, Kosovo, Makedonia, dan Belarus belum pernah tampil di putaran final Piala Eropa. Secara kualitas tim, Kosovo memiliki peluang besar untuk lolos dari grup D babak playoff ini. Tampil di Piala Eropa 2020 merupakan pembuktian bagi anggota termuda FIFA dan UEFA ini.

Dari grup B, ada Bosnia and Herzegovina yang belum pernah tampil di putaran final Piala Eropa, tapi mereka pernah tampil sekali di Piala Dunia pada 2014 silam. Bosnia yang masih mengandalkan Dzeko dan Pjanic di lini serang sering kurang beruntung di laga-laga penting.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x