Mohon tunggu...
Irfani R
Irfani R Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMM

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Desa Oro-oro Ombo Melakukan Promosi Wisata Melalui Media Digital di Tengah Pandemi

18 Juli 2021   09:57 Diperbarui: 18 Juli 2021   10:02 389
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Selasa (15/06), Akun instagram Desa Wisata Oro-Oro Ombo @desawisata_orooroombo resmi memulai mengunggah konten yang diunggah secara berkala. Hal ini merupakan langkah awal untuk memulai promosi desa melalui media digital. Mahasiswa Praktikum Public Relation 3 Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang yang tergabung dalam kelompok Amity turut membantu aktivasi media sosial dengan pembuatan konten serta design untuk dipublikasikan. 

Kesadaran akan pentingnya publikasi melalui media online didasari oleh pesatnya perkembangan teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh desa-desa lain di Kota Batu. Menurut Arif Setiawan selaku Kepala Seksi Kesejahteraan Masyarakat (Kasi Kesra) Desa Oro-Oro Ombo, selama ini  fokus utama Desa adalah pembangunan infrastruktur untuk menarik wisatawan. Kurangnya publikasi membuat Desa Oro-Oro Ombo tidak banyak diketahui oleh wisatawan luar daerah, padahal letak geografis desa cukup strategis karena merupakan jalan alternatif wisata Jatim Park Grup yang seharusnya dilewati banyak orang. 

"Kami telah merancang rangkaian program untuk membantu permasalahan yang ada di Desa Oro-Oro Ombo, tidak hanya promosi wisata melalui media online, tetapi juga membuat Rest Area sebagai tempat singgah yang wisatawan dapat merasa nyaman. Rangkaian program inilah yang nantinya diharapkan berdampak pada peningkatan public awareness, public interest, dan public action terhadap pariwisata Desa Oro oro Ombo," jelas Adlyn Maurilla selaku Ketua Kelompok Public Relation.

Foto salah satu peserta lomba / Sumber: instagram @irgi_tribuana
Foto salah satu peserta lomba / Sumber: instagram @irgi_tribuana
Menurut Adlyn, salah satu cara melakukan promosi wisata yang sedang dilakukan di media sosial adalah dengan membuat lomba fotografi yang hasilnya diposting di instagram pribadi. Program ini telah berlangsung dari tanggal 28 Juni 2021 periode pengumpulan terakhir dijadwalkan pada tanggal 7 Juli 2021, akan tetapi adanya PPKM Darurat membuat program ini harus ditunda hingga PPKM usai. Alasannya dikarenakan program ini, merupakan program yang bertujuan mengajak berkunjung dan berwisata sambil mengabadikan momen di Desa Oro Oro Ombo. Program event akan kembali dilaksanakan pada bulan Agustus mendatang dengan jangka waktu pengumpulan 1 bulan.

Setelah melakukan publikasi dalam kurun waktu satu bulan, target yang telah ditentukan dalam parameter keberhasilan tercapai. Misalnya saja peningkatan followers, engagement meningkat, serta meningkatnya jangkauan instagram. Dalam kolom komentar, dapat digunakan masyarakat Desa Oro-Oro Ombo sebagai wadah untuk menyampaikan aspirasinya. 

Seluruh rangkaian program yang akan dilaksanakan oleh Kelompok Praktikum Public Relation yang ditargetkan selesai pada akhir tahun 2021. Kedepannya Desa berencana akan membuat website untuk pengembangan promosi, dan konsisten membuat konten di media sosial. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun