Mohon tunggu...
Irfan Fandi
Irfan Fandi Mohon Tunggu... Buruh - Menulis dan Membaca adalah suatu aksi yang bisa membuat kita terlihat beda dari orang yang disekitar kita

Email : irvandi00@gmail.com || Suka Baca dan Nonton Film || Pekanbaru, Riau || www.irfanfandi.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Jepang Berhasil Mengalahkan Spanyol, Negara Asia Pertama Melaju ke Babak 16 Besar di Piala Dunia Qatar 2022

2 Desember 2022   06:00 Diperbarui: 2 Desember 2022   06:06 251
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Skuad timnas Jepang di Piala Dunia Qatar 2022 (sumber foto: Bola.Net)

Khalifa International Stadium berhasil menjadi saksi dalam sejarah baru sepak bola di perhelatan Piala Dunia Qatar 2022. Jepang berhasil tampil maksimal di laga penentuan untuk menentukan siapa yang akan menjadi Juara Group dan Runner-up Group.

Dalam durasi waktu permainan selama 90 menit dan tambahan waktu yang telah ditentukan oleh wasit dan tim penyelenggara, Jepang akhirnya berhasil menjadi Juara Group di babak penyisihan Group E. dimana negara yang ada di dalamnya terdiri dari Jepang, Spanyol, Germany dan Costa Rica.

Group E ini dikenal dengan Group neraka, dimana ada dua negara Eropa yang pernah menjadi Juara Piala Dunia yaitu Germany dan Spanyol. Jepang berada di salah satu diantara negara yang kuat dan awalnya memiliki peluang kecil untuk bisa melaju ke babak selanjutnya.

Line-up Pemain bertanding antara Jepang dan Spanyol

Tim sepak bola Jepang dibawah asuhan pelatih Hajime Moriyasu, menggunakan formasi 3-4-3 untuk melawan negara Spanyol. Pemain yang turun dalam pertandingan ini terdiri dari Shuichi Gonda, Ko Itakura, Maya Yoshida, Shogo Taniguchi, Junya Ito, Ao Tanaka, Hidemasa Morita, Yuto Nagatomo, Daichi Kamada, Daizen Maeda, dan Takefusa Kubo.

Sedangkan tim sepak bola Spanyol dibawah asuhan Luis Enrique, memakai strategi formasi line-up 4-3-3. Pemain yang dimainkan adalah Unai Simon, Cesar Azpilicueta, Rodri, Pau Torres, Alejandro Balde, Pedri, Sergio Busquets, Gavi, Nico Williams, Alfaro Morata, dan Dani Olmo.

Spanyol merupakan negara yang tidak pernah kalah dalam lima kali pertemuan dengan Tim Asia dalam turnamen Piala Dunia.Spanyol pernah menang 1-0 dari Jepang pada tahun 2001 dalam pertandingan persahabatan.

Jepang pernah tiga kali dari empat pertandingan Piala Dunia terakhir, sebanyak Sembilan pertandingan mereka sebelumnya di turnamen dan untuk kali ini tim Jepang berusaha untuk menghindari gagal mencetak gol dalam pertandingan Piala Dunia berturut-turut untuk pertama kalinya sejak tahun 1998.

Hasil pertandingan Group E antara Jepang dan Spanyol

Gol pertama yang diciptakan oleh Ritsu Doan di abbak kedua (sumber foto : Tempo.com)
Gol pertama yang diciptakan oleh Ritsu Doan di abbak kedua (sumber foto : Tempo.com)

Dalam durasi waktu 45 menit pertama di abbak penyisihan Group E antara Jepang dan Spanyol. Spanyol berhasil mencetak gol pertama di menit kesebelas dari tendangan Alfaro Morata ke gawang Jepang. Untuk sementara Spanyol unggul atas Jepang 1-0 di babak pertama.

Peluang kembali tercipta dari Spanyol di menit 26 yang dibuat oleh Azpilicueta. Namun tendangan itu gagak dimanfaatkan untuk dapat mencetak gol berikutnya. Hingga akhir babak game pertama pertandingan berhasil ditutup dengan skor 1-0 dengan total 3 kartu kuning yang didapatkan oleh pemain Jepang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun