Mohon tunggu...
Irfana SaktyaWidyastama
Irfana SaktyaWidyastama Mohon Tunggu... Mahasiswa

Slamat datang dan silakan membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Opini Semiotika Visual pada Poster Ngayogjazz 2012

23 Juli 2021   00:10 Diperbarui: 23 Juli 2021   00:15 20 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Opini Semiotika Visual pada Poster Ngayogjazz 2012
Sumber: Ngayogjazz

Elemen semiotika visual pada makna denotatif ilustrasi yang digunakan ialah seorang pria yang sedang memainkan saxophone dengan mengenakan baju putih polos sederhana dan menggunakan topi peci. Hal ini dalam makna konotatif semiotika ingin menunjukkan kesederhanaan dalam bermusik jazz, yang santai dan mudah dinikmati. 

Terdapat visual padi dan kapas dari lambang Partai Golkar yang menggambarkan sandang dan pangan. Sandang dan pangan ini merupakan kebutuhan pokok masyarakat khususnya di Indonesia tanpa melihat status maupun kedudukannya. Hal ini menggambarkan persamaan sosial di mana tidak adanya kesenjangan sosial satu dengan yang lainnya, namun hal ini bukan berarti bahwa negara Indonesia memakai ideologi komunisme. 

Padi dan kapas ini merupakan visual pendukung dari tema Ngayogjazz 2012 mengenai swasembada. Background dari pria yang bermain saxophone ialah seperti pemandangan luas suatu daerah yang aman, nyaman, dan tenteram. Visual ilustrasi ini ditambahkan ornamen pita orange kekuning-kuningan yang memiliki arti dukungan atau perhatian terhadap kelaparan, keragaman budaya dan toleransi.

Warna pada background keseluruhan dari poster ini ialah warna emas dengan pola polkadot tipis. Warna emas ini memiliki arti mencerminkan prestis (kedudukan), kesehatan, keamanan, kegembiraan, kebijakan, arti, tujuan, pencarian kedalam hati, kekuatan mistis, ilmu pengetahuan, perasaan kagum. 

Font yang digunakan pada banner untuk penulisan tempat, waktu dan acara diberikan warna putih, kuning dan hitam sehingga mencolok dan mudah terbaca karena warnanya dominan dengan background. Penggunaan warna pada keterangan tempat, waktu, dan artis pengisi acara diberikan warna senada dengan warna logo Ngayogjazz. 

Hal ini menunjukkan kesatuan di dalam poster. Warna yang digunakan ialah warna merah dan hitam. Penggunaan warna ini keterbacaanya jelas dan jenis huruf yang dipakai tidak dekoratif serta tidak tipis sehingga mudah dibaca. Selain itu mengenai informasi yang dapat dihubungi terdapat di bagian bawah poster.

VIDEO PILIHAN