Mohon tunggu...
Irfan Fuadi
Irfan Fuadi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan

Nama saya Irfan Fuadi. NIM: 2000006001. Saya seorang mahasiswa semester 2 di Universitas Ahmad Dahlan, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Aplikasi GeoGebra Membantu Visualisasi Anak dalam Belajar Matematika

12 Juli 2021   13:35 Diperbarui: 19 Juli 2021   08:54 292 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Aplikasi GeoGebra Membantu Visualisasi Anak dalam Belajar Matematika
Dokumen pribadi

Beragam upaya yang dilakukan oleh guru matematika untuk mengajari siswa agar paham dengan apa yang disampaikan. Salah satunya yaitu mengajarkan konsep bangun tiga dimensi atau bangun ruang dalam matematika. Guru dapat memanfaatkan media digital, salah satunya dengan aplikasi GeoGebra.

Aplikasi GeoGebra adalah media pembelajaran yang dapat digunakan untuk membantu siswa dalam memahami materi geometri dan aljabar (Hohenwarter & Fuchs, 2008). Aplikasi ini sangat membantu siswa, khususnya dalam memvisualisasikan bermacam-macam bangun ruang. Aplikasi ini dapat diinstal di perangkat komputer ataupun gadget untuk digunakan guru maupun siswa. Aplikasi ini juga dapat diunduh secara gratis sehingga semua orang dapat menggunakannya.

Penggunaan aplikasi ini cukup mudah. Guru dapat menggambarkan bangun ruang yang sedang diajarkan dan menampilkannya dalam pembelajaran. Siswa yang kurang paham dengan gambar media cetak akan lebih mudah memvisualisasikan karena di dalam aplikasi ini siswa dapat memutar dan melihat bangun ruang dari berbagai sudut pandang. Dalam aplikasi ini, siswa juga dapat menggambar bangun ruangnya sendiri. Hal itu tentu dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran matematika.

Aplikasi GeoGebra memiliki beberapa kelebihan, antara lain menggambarkan bangun ruang secara cepat dan teliti sesuai keinginan dibandingkan kita menggambarkannya secara manual. Objek yang telah dibuat dapat dilihat ukurannya dan digunakan untuk memastikan gambar bangun ruang secara jelas. Fasilitas yang disediakan aplikasi ini beragam sehingga guru juga dapat memperbanyak variasi pembelajaran melalui aplikasi ini. Bangun yang telah digambar dapat menjadi objek analisa dalam pembelajaran. Sifat-sifat bangun ruang dalam geometri juga akan lebih mudah disampaikan karena guru secara langsung dapat menggambarkan bentuk objek yang dimaksud kepada siswa.

Penggunaan aplikasi GeoGebra dalam pembelajaran memiliki beragam manfaat. Pertama, menarik perhatian siswa karena aplikasi ini ada dalam media digital. Kedua, meningkatkan pemahaman bangun ruang karena bangun ruang dapat digambarkan dan dilihat dari berbagai sisi. Ketiga, memperkuat visualisasi bangun ruang pada siswa. Keempat, melatih kreatifitas siswa. Kelima, melatih analisis siswa terhadap bangun ruang. Selain itu, hasil visualisasi yang ada pada aplikasi geogebra juga dapat disimpan dan dicetak sehingga anak dapat mempunyai catatan materi yang telah dipelajari.

Referensi

Japa, N., Suarjana, I. M., & Widiana, W. (2017). Media Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. International Journal of Natural Science and Engineering, 1(2), 40–47.

Rhilmanidar, R., Ramli, M., & Ansari, B. I. (2020). Efektivitas Modul Pembelajaran Berbantuan Software GeoGebra pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Didaktik Matematika, 7(2), 142–155. https://doi.org/10.24815/jdm.v7i2.17915

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN