Mohon tunggu...
Irfan Maulana
Irfan Maulana Mohon Tunggu... Buku Dan Pena Adalah Sahabat Saya

Lahir 11 Juli 1997 Hobi menulis adalah hobi saya selain membaca dan olahraga merupakan hobi dari saya .

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan

Berbuka Puasa Sendirian dengan Menu Kolak Pisang Buatan Sendiri

17 April 2021   17:14 Diperbarui: 17 April 2021   17:18 235 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berbuka Puasa Sendirian dengan Menu Kolak Pisang Buatan Sendiri
Dokumentasi Pribadi

Bulan suci Ramadhan tahun 2021 ini menjadi bulan puasa kedua saat kita didalamnya masih merasakan suasana pandemi Covid-19 seperti sekarang ini , selain itu saya juga mau tidak mau harus menyiapkan untuk menu berbuka puasa secara sendirian . Dimulai dari masak nasi , masak lauk pauk untuk sahur misalnya atau membuat es sirup sendiri .

Kali ini saya mencoba untuk membuat kolak pisang , kolak pisang ini biasanya juga banyak dijumpai di sekitar kita terutama di pinggir jalan . Karena saat memasuki bulan Ramadhan ini , kolak pisang juga ramai dicari orang untuk menu berbuka puasa . Maka dari itu saya pun mencoba membuat kolak pisang buatan sendiri dengan menu yang pernah ibu ajarkan kepada saya (tiba-tiba baper karena kangen ibu dan belum bisa pulang kampung) .

Bahan untuk membuat kolak pisang pun tidak sulit dan mudah didapat , terdiri dari Santan , Pisang Kepok , Air , Balok Gula Merah , Gula Pasir , Garam dan Daun Pandan . 

Serta cara membuat kolak pisang juga ternyata mudah dan sebagai berikut :

- Rebus air santan dan daun pandan hingga aromanya harum dan mendidih .

- Masukkan gula merah dan garam secukupnya serta gula pasir sesuai selera .

- Aduk hingga rata dan sembari memasukan potongan pisang kepok 

- Tunggu hingga matang dan siap disajikan .

Tentunya sangat mudah bukan untuk membuatnya , tapi untuk mencicipinya tidak sekarang . Karena belum waktunya buka puasa dan kamu bisa coba saat sudah waktunya berbuka puasa ya pastinya .

Dalam bulan puasa Ramadhan biasanya bukan hanya kolak pisang saja yang ramai dicari orang , karena ada banyak macam-macam tentang kolak yaitu seperti : Kolak Ubi , Kolak Labu , Kolak Biji Salak , Kolak Singkong , Kolak Durian , Kolak Ketan , Kolak Candil Ketan , Kolak Kolang-Kaling , Kolak Sagu Mutiara , serta Kolak Jagung Manis .

Pastinya sesuai selera kamu dan ingat ya jangan berlebihan, karena menurut pepatah mengatakan " Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik " . Selain itu berbuka puasa dengan menu kolak juga menjadi favorit utama sebagian orang , karena rasanya yang manis dan sedap ini yang dikatakan seperti dalam kutipan pepatah berikut ini "Berbukalah dengan yang manis" dan pastinya menu kolak ini sangat cocok untuk dijadikan menu pembuka pada saat waktunya berbuka puasa tiba  .

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x