Jakarta Pilihan

Rujak Sebagai Teman Hidup

7 Maret 2018   09:07 Diperbarui: 7 Maret 2018   09:41 755 0 0
Rujak Sebagai Teman Hidup
dok. pribadi

Jakarta Timur - Relawan Nusantara Jakarta Timur kembali melakukan aksi Borong dan Berbagi (BnB) di lokasi BKT, Jakarta Timur. Acara ini dilakukan setelah usainya acara "Bermain Bersama Yatim" yang bekerja sama dengan Gen Cerdas. Penerima manfaat kali ini adalah seorang tukang rujak, Pak Khasan.

Ia tinggal sendirian di kota metropolitan itu sudah bertahun-tahun tanpa istri dan anak di sisinya. Ia harus berjuang sendirian di antara pelik kerasnya kehidupan karena istri dan anaknya tinggal di kampung. Di usia yang sudah hampir memasuki kepala enam, 59 tahun, tetap tidak ada kata untuk menyerah dalam memperjuangkan hidup.

"Saya harus berkeliling untuk menjajakan rujak ini. Apabila tidak habis, buah ini bisa busuk jika tak segera saya bagikan." Ujar Pak Khasan pada Ahad (25/02).

Tinggal di ibu kota tanpa tempat tinggal yang tetap, ia menumpang. Pak Khasan tetap bisa berbagi dan membahagiakan orang-orang di sekitarnya di sela-sela rumitnya hidup yang ia jalani. Pak Khasan ini mulai berjualan dari jam 11 siang sampai jam 7 malam di sekitar Jakarta Timur.

Tanpa penuh keluh kesah, ia menapaki setiap langkahnya setiap hari tanpa libur. Dengan pendapatan yang tak pernah pasti untuk setiap harinya dan keuntungan yang tak seberapa dengan derasnya keringat, rasanya tak sebanding. Ucapan syukur dan terima kasih tercurahkan dari Pak Khasan.

Kegiatan dilanjutkan dengan membagikan hasil borong tadi di pinggir jalanan, lampu merah, dan depan komplek. "Alhamdulillah, acara BnB hari ini lancar tanpa halangan. Semua relawan bisa bekerja sama dengan baik." Tutup Milyana, salah seorang relawan nusantara Jakarta Timur.