Mohon tunggu...
Irene Noven Setyaningtyas
Irene Noven Setyaningtyas Mohon Tunggu... Seorang guru saja

Guru Swasta

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

CBT Permudah Siswa Siapkan UNBK

8 Desember 2019   19:18 Diperbarui: 8 Desember 2019   19:40 82 0 0 Mohon Tunggu...
CBT Permudah Siswa Siapkan UNBK
CBT di laboratorium komputer|dokpri

Bagi peserta didik tingkat akhir, bulan Desember ini merupakan awal dari segala kesibukan yang mengarah kepada ujian-ujian yang akan dilalui. Salah satu ujian yang harus dijalani agar lulus dari jenjang yang saat ini mereka ikuti adalah Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). 

Saat ini, pemerintah telah mengusahakan UNBK untuk seluruh daerah di Indonesia. Hal ini tentunya untuk menunjang pendidikan agar dapat mengikuti perkembangan teknologi dan tidak ketinggalan zaman.

Agar dapat mengikuti ujian dan berhasil dengan nilai yang memuaskan maka diperlukan persiapan yang cukup. SMP St. Bellarminus Menteng telah melaksanakan ujicoba penggunaan Computer Based Test (CBT) dalam pelaksanaan penilaian. Pada tahap pertama, CBT dilaksanakan pada saat Penilaian Tengah Semester (PTS) 1 yang dilaksanakan pada September yang lalu pada seluruh mata pelajaran. 

CBT tahap pertama berjalan dengan lancar, meskipun terdapat beberapa kendala. CBT ini dilaksanakan kembali untuk Penilaian Akhir Semester (PAS) 1 yang dimulai hari Sabtu, 7 Desember 2019. 

CBT di ruang kelas|dokpri
CBT di ruang kelas|dokpri
Agar dapat melaksanakan CBT ini tentunya perlu persiapan. Selain perangkat komputer atau laptop, diperlukan jaringan internet yang memadahi. Untuk peserta didik (serdik) kelas 7 menggunakan laboratorium komputer dengan PC dan jaringan internet yang tersedia. Adapun serdik kelas 8 dan 9 menggunakan laptop atau tablet yang terhubung pada wifi yang tersedia pada setiap ruangan. 

Dengan menggunakan aplikasi Exambro, CBT dapat terlaksana dengan baik. Serdik mendapat soal dan pilihan jawaban secara acak sehingga meminimalisir kecurangan. Selain itu, waktu yang tersedia dapat digunakan secara maksimal karena perhitungan waktu juga terlihat dalam tampilan aplikasi. 

Selain soal pilihan ganda, juga terdapat soal uraian. Soal uraian akan muncul dalam aplikasi, tetapi serdik harus tetap menulis jawaban pada kertas yang telah  disediakan agar budaya menulis tidak hilang.

Serdik mengerjakan soal PAS dengan serius|dokpri
Serdik mengerjakan soal PAS dengan serius|dokpri
Keuntungan dari penggunaan CBT lainnya adalah memunculkan hasil perhitungan pilihan ganda yang cepat dan akurat, sehingga meringankan pekerjaan guru dalam memberikan penilaian.

SMP St. Bellarminus terus menguji dan mengembangkan program CBT tersebut agar dapat melayani serdik dengan baik. 

dokpri
dokpri
Dari pengalaman ini, CBT terbukti dapat membantu serdik dalam mempersiapkan diri mengikuti UNBK. Selain itu, CBT memberi nuansa baru dalam pengerjaan soal.  (INS)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x