Mohon tunggu...
Irene Elisabeth Pangaribuan
Irene Elisabeth Pangaribuan Mohon Tunggu... Mahasiswa - -

-

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Lakukan Hal Ini Saat Kamu Merasa Demotivasi

23 Januari 2022   19:51 Diperbarui: 24 Januari 2022   06:32 134 7 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Demotivasi merupakan lawan dari kata motivasi. Jika menurut KBBI motivasi diartikan sebagai dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu, maka demotivasi dapat diartikan sebagai kondisi ketika seseorang tidak memiliki dorongan untuk melakukan sesuatu yang mengakibatkannya menjadi tidak bersemangat dan cenderung seperti kehilangan arah.

Lalu sebenarnya, apa sih yang menyebabkan timbulnya rasa demotivasi? Demotivasi dapat disebabkan karena adanya aktivitas yang dilakukan secara berulang-ulang. Apalagi di masa pandemi saat ini, ruang gerak menjadi lebih terbatas. Jika kita tidak bisa menyiasatinya, semakin hari aktivitas yang dilakukan akan terasa semakin monoton dan dapat membuat kita menjadi kurang bergairah. Selain itu, demotivasi juga dapat disebabkan karena adanya kebiasaan membanding-bandingkan diri dengan orang lain dan sering meragukan diri sendiri. Kebiasaan-kebiasaan seperti ini harus dihindari karena hanya akan membuat mental menjadi buruk.

Sahabat pembaca, sebagian besar dari kita pasti pernah berada di fase demotivasi ini. Fase di mana merasa kehilangan semangat untuk melakukan sesuatu, padahal sebenarnya ada banyak pekerjaan yang harus segera diselesaikan. Kadang kita sadar akan hal tersebut, tapi tetap saja kita sulit untuk mengembalikan semangat itu.

Nah, buat sahabat pembaca yang sedang berada di fase demotivasi ini, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar semangat Anda kembali.

1. Jalan-jalan ke suatu tempat

Rasa demotivasi dapat diobati dengan pergi ke suatu tempat yang bisa me-refresh-kan diri. Saat sedang jenuh mengerjakan sesuatu, sebaiknya cari suasana baru yang bisa membuat diri merasa nyaman. Seperti jalan-jalan ke mall, kafe favorit, maupun berwisata alam.

2. Me-time

Me-time merupakan kegiatan meluangkan waktu khusus untuk diri sendiri. Menurut psikolog Sherrie Bourg Carter, PsyD dalam Psychology Today, dari beberapa manfaat yang disebutkannya, me-time dapat membuat kita mengetahui apa yang benar-benar diinginkan diri sendiri dan lebih mengenal diri sendiri serta dapat memberikan kesempatan otak untuk beristirahat, menjernihkan pikiran, mengurangi stres, sekaligus merevitalisasi tubuh. Beberapa contoh kegiatan yang bisa dilakukan saat me-time adalah melakukan hobi, memakan makanan favorit, melakukan perawatan diri, menonton film kesukaan, dan berolahraga. Dengan begitu, mood kita akan menjadi lebih baik.

3. Menjauhi stigma negatif tentang diri sendiri

Setiap orang pasti memiliki kekurangannya masing-masing. Jadi berhenti untuk mengkritisi diri dan belajarlah untuk memaafkan diri sendiri. Obati stigma negatif ini dengan berkontemplasi (renungan dan sebagainya dengan kebulatan pikiran atau perhatian penuh) sehingga memunculkan motivasi untuk menjadi lebih baik lagi.

4. Berinteraksi dengan orang-orang terdekat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan