Mohon tunggu...
Irene V Taghupia
Irene V Taghupia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Ga tahu

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Pengobatan di Luar Negeri atau Dalam Negeri, Mana Lebih Baik?

7 Juli 2022   18:15 Diperbarui: 7 Juli 2022   18:26 56 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Kesehatan merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Tanpa kesehatan yang baik, setiap aspek kehidupan manusia tidak dapat ditunjang dengan baik sehingga hal ini menjadi sorotan yang sangat penting bagi kehidupan manusia. 

Masalah kesehatan juga merupakan salah satu hal yang tidak hanya menguras energi, tetapi juga mengurus isi dompet sehingga tidak heran banyak orang berani mengeluarkan banyak biaya untuk kesehatannya bahkan mengunjungi negara lain untuk mendapatkan pengobatan.

Berbicara tentang kesehatan, pastinya tidak lepas dari fasilitas kesehatan dan juga tenaga kesehatan. Di Indonesia sendiri, masalah kesehatan terbilang sudah cukup baik penanganannya karena fasilitas kesehatan di Indonesia dan jumlah tenaga kesehatan di Indonesia sudah mulai memadai. 

Namun, Indonesia masih memiliki agenda untuk terus berkomitmen meningkatkan kesehatan yang ada. Salah satu contohnya seperti stigma masyarakat mengenai pengobatan di luar negeri yang jauh lebih baik dibandingkan dengan yang ada di Indonesia. Banyak masyarakat yang berpendapat mengenai ini berdasarkan pengalam pribadi mereka yang merasa kurang puas akan pelayanan yang diberikan oleh fasilitas maupun tenaga kesehatan. 

Misalkan beberapa keluhan mengenai kurang nyamannya fasilitas kesehatan yang dianggap kurang bersih ataupun kurang rapi. Kemudian untuk tenaga kesehatan yang ada, masih kurang ramah terhadap pasien sehingga membuat pasien merasa tidak diterima oleh tenaga kesehatan yang ada.

Masalah ini sudah seharusnya menjadi perhatian tenaga kesehatan maupun pemerintah agar tidak hanya meningkatkan kualitas bangunan, tetapi juga meningkatkan kualitas setiap tenaga kesehatan yang ada agar dapat mengontrol emosi  sehingga meningkatkan kenyamanan pasien dan penyampaian hasil anestesi yang diberikan oleh tenaga kesehatan dapat tersampaikan dengan baik. 

Meskipun demikian, tenaga kesehatan yang bertugas sudah memberikan yang terbaik dan pastinya satu kesalahan yang dilakukan oleh satu orang tidak bisa dijadikan tolak ukur untuk menilai sesuatu dan pastinya pemerintah telah berkomitmen semaksimal mungkin untuk membangun kesehatan di Indonesia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan