Mohon tunggu...
Irana Sesa
Irana Sesa Mohon Tunggu... I am alone

Apa saja

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

"Kerukol", Kerupuk Gurih Tongkol a la KKN 12 UTM

13 Januari 2020   16:40 Diperbarui: 13 Januari 2020   20:44 30 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Kerukol", Kerupuk Gurih Tongkol a la KKN 12 UTM
Foto Arsip Kegiatan

Tongkol merupakan jenis ikan laut yang memiliki nama latin Euthynnus affinis. Tongkol adalah ikan laut yang paling sering dijumpai di perairan Indonesia. Bahkan ada beberapa belahan Indonesaia yang menjadikan ikan Tongkol sebagai pencaharian salah satunya di desa Tlangoh, Kec. Tanjung Bumi, Kab. Bangkalan.

Dari situlah, mahasiswa KKN Tematik 12 UTM mengadakan pelatihan pembuatan produk unggulan kepada masyarakat Tlangoh, yaitu pembuatan kerupuk dari ikan tongkol. Kegiatan tersebut dilaksanakan di rumah Hawaidah selaku ibu kepala desa Tlangoh, Sabtu (28/12/2019).

Kegiatan ini dihadiri oleh 16 ibu-ibu dan 9 adik-adik  warga desa Tlangoh dan 12 anggota KKN 12 UTM. Pelatihan ini berlangsung dengan lancar selama 1 jam penuh, dimulai dari pukul 15.30-14.30 WIB. 

Warga desa Tlangoh sangat antusias dengan pelatihan ini, mulai dari proses pembuatan, pengemasan, pelabelan hingga cara pemasarannya.

Menurut Imam Syafii selaku koordinator KKN 12 UTM, ia memilih Tongkol sebagai bahan dasar kerupuk karena mudahnya menemukan ikan Tongkol di desa Tlangoh, selain itu warganya hanya mengetahui satu jenis olahan makanan dari Tongkol, yakni soto Tongkol.

"Bahan-bahan untuk membuat kerupuk dengan bahan dasar Tongkol sangat mudah ditemui dan biaya yang diperlukan sangat terjangkau. Alat-alatnya pun sudah sering kita jumpai di dapur." ujar Imam.

Cara membuat kerupuk Tongkol sangatlah mudah. Cukup menyiapkan bahan-bahannya seperti, satu ikan Tongkol dengan ukuran sedang, tepung tapioka/kanji 1kg, bawang putih 6/7 siung, garam secukupnya, dan penyedap rasa secukupnya.

Selanjutnya, kupas dan haluskan bawang putih, bersama garam, dan penyedap rasa hingga halus. Selanjutnya haluskan ikan tongkol yang sudah dikukus dan sudah bersih dari duri bersama dengan bumbu.

Kemudian, campurkan bumbu dan ikan yang telah halus dengan air, panaskan hingga mendidih. Setelah mendidih, campurkan dengan tepung kanji. Aduk hingga rata dan bentuk adonan menjadi gumpalan memanjang lalu kukus selama kurang lebih 30 menit. Lapisi dandang dengan daun pisang supaya hasil dari kukusan memiliki aroma yang khas.

Terakhir, angkat dan dinginkan adonan sudah dikukus selama sehari semalam hingga mengeras. Jika adonan sudah mengeras, iris tipis-tipis menyerupai kerupuk. Jemur hingga mengering. Kerupuk siap digoreng dan dinikmati.

Menurut Lilik Hartatik, selaku warga desa Tlangoh, pelatihan ini sangat bermanfaat dan bisa menambah variasi adonan ikan Tongkol, selain itu juga bisa membantu memajukan ekonomi warga desa Tlangoh.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN