Mohon tunggu...
Ira Lathief
Ira Lathief Mohon Tunggu... Blogger、Writer of 17books、Creativepreneur, a Friend 4 Everybody, a Princess in your heart、Founder @jakartafoodtraveler @wisatakreatifjakarta @festivalkebhinekaan @dmarcomartabak. Personal Blog :www.iralennon.blogspot.com. IG @creative_traveler

Blogger、Writer of 17books、Creativepreneur、a Friend for Everybody、a Princess in your heart. Personal Blog :www.iralennon.blogspot.com . IG @creative_traveler

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Kisah Patriotik yang Inspiratif dari Ribuan Suporter Bola Vietnam di Asian Games

30 Agustus 2018   10:46 Diperbarui: 1 September 2018   23:34 2808 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kisah Patriotik yang Inspiratif dari Ribuan Suporter Bola Vietnam di Asian Games
dokumentasi pribadi

Kemarin saya mendapat kesempatan untuk menjadi salah satu Pemandu untuk rombongan supporter sepak bola Vietnam yang akan menonton pertandingan semifinal di ajang Asian Games.  

Ketika tiba di Bandara Soekarno Hatta, untuk menjemput tamu tamu, saya takjub melihat pemandangan bandara yang seperti diserbu ribuan orang asing (Pria Wanita, Tua Muda, Anak Anak hingga Bayi) yang tampil dengan kaos warna serba merah dengan bintang kuning, ciri khas Vietnam.  

Banyak di antara mereka tampil "all out" dengan kostum tradisional dan membawa peralatan seeperti drum, terompet, dan beragam atribut dan pernak pernik khas supporter.  Secara khusus mereka jauh jauh datang ke Indonesia hanya untuk mendukung tim nasional kesayangan mereka berlaga melawan Korea Selatan.  

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi
Ada sekitar 1500 orang Vietnam datang dengan menggunakan 5 pesawat Vietnam Airlines yang di charter khusus.  Awalnya saya mengira kedatangan ribuan orang Vietnam itu difasilitasi oleh pemerintahnya atau disponsori perusahaan perusahaan di Vietnam. 

Ternyata perkiraan saya sama sekali salah, Dalam perjalanan menuju  venue pertandingan sepakbola di Stadion Pakansari, Cibinong Bogor, saya mendapatkan banyaak cerita dari Mr. Nguyen Ba Dung, Tour Leader rombongan Vietman di bus saya.

Ternyata ribuan supporter Vietnam ini datang dengan biaya masing masing  dengan membeli paket Tur seharga 600 USD/ orang , hanya untuk perjalanan 1 hari PP ke Indonesia utk menyaksikan langsung tim kesayangan mereka berlaga di babak semifinal. Sepakbola adalah olahraga no.1 di Vietnam, dan kecintaan orang Vietnam terhadap tim nasionalnya begitu luar biasa. 

Setiap kali tim nasional Vietnam berlaga di ajang internasional, berbondong bondong orang Vietnam mau bela belain datang untuk memberi dukungan walau itu harus mengeluarkan waktu, tenaga, dan biaya pribadi yang cukup besar.  

Contohnya ketika tim sepakbola Vietnam masuk babak final di ajang Piala Asia yang berlangsung di Cina awal tahun ini, ribuan orang  juga terbang kesana untuk member dukungan. Begitupun ketika Vietnam masuk babak perdelapan final Asian Games minggu lalu, ada ratusan orang Vietnam datang demi menjadi supporter untuk tim nasionalnya.

Menurut cerita Mr. Ba Dung, begitu Vietnam dipastikan lolos babak ke Semi Final,  jaringan Travel Agent di seluruh Vietnam secara kompak menjual paket Tur utk menyaksikan  pertandingan ini langsung. seperti juga yang dilakukan oleh perusaahn Travel Agent yang dimiliki Mr Ba Dung. 

Hanya dalam 1 hari setelah diumumkan di seluruh Vietnam, paket Tur untuk menyaksikan pertandingan semi final di Indonesia ludes terjual. Dengan kuotaa peserta ribuan orang, maka mereka bisa men-charter 5 pesawat dari Vietnam Airlines khusus untuk mendatangkan ribuan supporter Vietnam.  Luar Biasa!

Selama perjalanan dari bandara ke stadion , saya begitu tertular antusiasme mereka. Tim Vietnam memang satu saatunya negara yang mewakili  Asean/  Asian Tenggara yang mampu lolos di babak semifinal sepakbola.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x