Mohon tunggu...
Irah Fazaliya
Irah Fazaliya Mohon Tunggu... Guru - Guru

Jalan- jalan

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Asrinya Kebun Raya Bogor

9 November 2022   03:25 Diperbarui: 9 November 2022   03:29 226
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Asrinya Kebun Raya Bogor

Oleh: Irah/ Pendidik SMPN 4 Maja, Kabupaten Majalengka

Kebun  Raya Bogor merupakan Kebun Besar yang ada di kawasan Bogor, tepatnya di jalan H.Ir. Juanda, Paledang, Bogor.  Kebun Raya Bogor disebut juga Kebun Botani Bogor. Menurut petugas yang saya temui, Kebun Raya Bogor memiliki luas sekitar 87 hektar, dengan tumbuhan sekitar 1500 tanaman. Kebun ini merupakan kebun terbesar di Asia Tenggara.

Kami berkunjung ke sana hari Sabtu, tanggal 29 Oktober  2022, tiba di sana siang hari. Tiket masuk Rp26.500,00 karena akhir pekan. Sementara kalau hari-hari biasa hanya Rp16.500,00  Kebun ini buka mulai dari 08.00 WIB -16.00 WIB untuk hari Sabtu, Minggu, hari Libur, sementara untuk hari lainnya pukul 07.00 WIB- 16.00 WIB.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

Setelah membeli tiket, kami segera menuju pintu masuk yang  disambut dengan senyuman hangat dari  petugas. Kami tiba di sana waktu dhuhur,sebelum keliling kami melaksanakan shalat dhuhur di mushola, yang letaknya sebelah kiri dari pintu masuk. Terus terang saya baru pertama kali ke sana, subhanallah tempatnya begitu indah,asri  dengan begitu banyak pohon yang ditanam yang baru saya temui.  

Di Kebun Raya Bogor, ternyata menyediakan sarana transfortasi yang bisa kita sewa yaitu ada  shuttle bus, sepeda dan motor. Adapun uang sewanya untuk shuttle bus Rp25.000,00 mengelilingi Kebun Raya Bogor, sepeda Rp15.000,00/jam,  untuk motor Rp5.000,00. Melalui kendaraan ini kita bisa keliling di Kebun Raya Bogor. Begitupun dengan kami, setelah antri beli tiket untuk naik shuttle bus, akhirnya giliran kami naik dan mengelilingi Kebun Raya Bogor. Di perjalanan supir sekaligus guide menjelaskan sejarah dibuatnya Kebun Raya,  dan menyebutkan seluruh tanaman-tanaman yang kami lewati. Tapi sayang sekali, ternyata Tanaman Bunga  Bangkai masih masa tidur, karena menurut penjelasan dari guide tanaman ini hanya akan mekar 4 tahun sekali, dan sekarang baru memasuki tahun yang keempat. Jadi kalau ingin menyaksikan Bunga Bangkai mekar setahun lagi.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

Udara di Kebun Raya Bogor sangat sejuk dan adem, pengunjungpun  banyak. Di belakang Kebun Raya berbatasan dengan Istana Bogor Presiden, bangunannya hanya terlihat bagian belakangnya. Ternyata memang benar di Kebun Raya Bogor tanamannya bermacam-macam, dan saya juga melihat banyak tanaman yang baru saya temui pada saat itu. Selain itu ada deretan makam di sana yaitu makam orang yang berjasa di Kebun Raya Bogor tersebut, dan mereka meninggal akibat penyakit malaria.

Oh iya, di sini ada tempat yang menyediakan cinderamata juga, yang sengaja disediakan untuk pengunjung yang ingin membawa oleh-oleh ke rumah.  Kalau aku lebih membeli beberapa cinderamata dan  membeli talas bogor yang terkenal empuk dan enak.

Majalengka, November 2022

Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun