Mohon tunggu...
Iradah haris
Iradah haris Mohon Tunggu... We do not need slogan anymore, we need equality in reality

Wanita yang selalu hidup di tengah keriuh-riangan rumah dan sekitar lingkungan. "Happy live is about happy wife" 😍

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

"Ya Ramadhan" yang Favorit dari Nasida Ria

22 April 2021   12:55 Diperbarui: 22 April 2021   13:11 727 5 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Ya Ramadhan" yang Favorit dari Nasida Ria
Radio kaset dari pixabay


TUBAN. Musik dan memori tidak bisa dipisahkan. Mendengar lagu dan musik khusus bisa menyeret ke suasana dan waktu tertentu. Saya selalu demikian bila mendengar lagu favorit pilihan ibu saat puasa. Lagu "Ya Ramadhan" milik Nasida Ria.

Menikmati lagu-lagunya Nasida Ria selalu membuat teringat kembali Ramadhan masa lalu bersama ibu. Sejak menjelang hingga selama menjalankan puasa, lagu "Ya Ramadhan" selalu berulang diputar. Melalui radio kaset yang dibeli bapak. 

Rasanya sudah seperti lagu wajib bulan suci. Bila tidak menemukan "Ya Ramadhan" di stasiun radio kesayangannya, maka ibu akan memutar kasetnya. Begitu setiap hari.

Radio kaset pada tahun 80-an menjadi barang populer. Bentuknya kotak, bisa dipindah-pindah bila menggunakan batrei. Jaman itu belum ada listrik masuk daerah. Untuk mendengarkan lagu, harus memasukkan pita kaset. Pada era itu pula, Nasida Ria booming. Ibu memiliki banyak koleksi kasetnya.

Lagu-lagu bernuansa religinya setia menemani keluarga kami.  Hampir tiap sore saat masak menu buka di dapur, kami ikut mendengarnya. Sampai sepotong-sepotong, saya menghafal lyricnya di luar kepala. 

Begini potongan syairnya: 

Ya ramadhan, ya ramadhan
ji'na ilaika bil ghufron
Ya ramadhan ya ramadhan
ji'na ilaika bil ghufron

Itulah bulan puasa
bulan suci ramadhan
Itulah bulan puasa
bulan suci ramadhan

Tidak hanya Ya Ramadhan saja. Lagu lain dari kaset berlabel Ira Puspita Record ini pun ibu mengoleksinya. Kota Santri, Tahun 2000, Dunia Dalam Berita, Anakku, Jilbab Putih. Itu diantaranya beberapa lagu populer Nasida Ria yang masih teringat.

Begitu seringnya mendengar lagu itu di masa lalu, sampai suasananya terbawa ke alam bawah sadar. Sekarang, bila terdengar lyric dan musiknya saja otomatis terkenang.

Padahal siapa penyanyi aslinya "Ya Ramadhan" ini saya tidak kenal. Tidak seperti jaman sekarang, dengar lagu hits baru sudah langsung bisa tahu oh ini lagunya si anu dan si itu. Jaman kecil saya dulu tidak banyak sumber tempat kita mencari tahu. Media yang ada teve milik pemerintah, radio dan media cetak saja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN