Mohon tunggu...
Ira Rosi
Ira Rosi Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Tips Ampuh Menangani Kegalauan

17 Oktober 2017   23:39 Diperbarui: 18 Oktober 2017   00:52 676
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
tungdesemwaringin.com

Hidup tak melulu tentang kesenangan dan kebahagian, kesedihan mendalam pun seringkali dialami setiap orang dalam hidupnya, baik yang besar kecil, mudah, sulit, berliku, atau apapun itu. Sebenarnya tergantung dari bagimana kita mau melihatnya, tergantung dari sudut pandang kita sendiri pada masalah tersebut.

Disaat kita mulai berpikir masalah itu begitu berat dan sulit dilakukuan, kita akan benar-benar merasa tertekan dan tersiksa. Sebaliknya, jika kita menghadapinya dengan perasaan tenang, masalah tersebut tak akan semeganggu itu.

Berikut, akan saya bagikan pengalaman pribadi saya tentang menghadapi masalah, mungkin bisa anda terapkan dalam hidup anda

1. Bawa santai, tetap tersenyum dan seakan-akan tak ada apa-apa

Saat musuh mengetahui bahwa kita tengah panik, maka mereka akan dengan sangat mudah mengecoh kita, dan tak lama kita akan berada dalam posisi bahaya. Teman-teman sering bertanya, kenapa saya seperti tak punya masalah, hidup begitu santai, tenang, dan sebagainya. Bukan begitu ceritanya, setiap orang pasti memiliki masalah, tapi jika saya malah mengumbar kesedihan saya, maka saya tanpa sadar akan menunjukkan titik lemah saya dihadapan orang-orang. Maka dari itu, ada ataupun tidak masalah, saya tetap berusaha terlihat tenang

2. Teman dekat yang setia dan bisa jaga rahasia

Kau butuh mencurahkan semua perasaanmu dan masalahmu kepada orang lain, bukan karena kamu lemah atau takut menghadapinya, tapi memang pada dasarnya sifat dasar manusia memang begitu, mereka membutuhkan tempat untuk mengadu dan bersedih. Sekuat-kuatnya seseorang dia pasti memiliki titik lemah tertentu, apalagi jika itu menyangkut tentang perasaan. Tempat yang biasanya sering saya buat untuk mengungkapkan uneg-uneg biasanya adalah bunda, dan satu teman yang menurut saya bisa dipercaya, namun berhubung saya sekarang berada di perantauan, kuliahm jauh dari bunda, saya tidak mau beliau bertambah khawatir terhadap saya. Jadi saya lebih suka bercerita pada sahabat dekat

3. Lihat dari sudut pandang lain

Jangan merasa bahwa masalah anda adalah masalah terberat yang pernah ada didunia, lihat dan pikirkan juga orang-orang disekitar anda yang memiliki masalah yang jauh lebih berat dan lebih pokok, insyaallah, anda tidak akan melulu mengeluh terhadap masalah yang anda hadapi

4. Cari hiburan

Tenangkan hati anda, lupakan sejenak masalah, bersenang-senanglah dengan hidup anda, jangan siksa hati anda dengan beban yang tak karuan, kasihan hati anda jika hanya diisi dengan perasaan negatif yang anda miliki

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun