Mohon tunggu...
Iqbal Maulana
Iqbal Maulana Mohon Tunggu... Membaca dan Menulis

Seorang pembaca, pendengar musik dan penikmat teknologi.

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Google, Berawal dari Sebuah Web Menjadi Sebuah Budaya

15 Juli 2019   11:30 Diperbarui: 15 Juli 2019   19:34 0 0 0 Mohon Tunggu...
Google, Berawal dari Sebuah Web Menjadi Sebuah Budaya
http://hdwpro.com/wp-content/uploads/2017/10/Super-Google-Wallpaper.png

                                                                                                  

Di zaman milenial ini, perusahaan apa yang sangat lekat dengan kehidupan kita? jawabannya sudah jelas, Google. Berawal dari sebuah projek penelitian dua mahasiswa doktoral Stanford, Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 1995, kini Google telah menjadi sebuah perusahaan raksasa yang telah memerger dan mengakuisisi lebih dari 100 perusahaan sejak tahun 2001. 

Prestasi terbesar Google adalah berhasil mengakusisi Android.inc, sebuah perusahaan yang menghasilkan produk Android  pada bulan Juli tahun 2005 yang sekarang telah menjadi OS Mobile paling populer di seluruh dunia. 

Akusisi Android membuat perngaruh Google semakin tampak. Pengguna OS Android diharuskan untuk membuat sebuah akun Google untuk menikmati fitur-fitur yang ditawarkan oleh Google. Layanan pengiriman surel atau Gmail, Google Maps, Google Play Store serta Google Drive telah menjadi satu paket dengan OS Android yang berada di gawai berbasis Android.

 Dengan masifnya penjualan serta perkembangan smartphone menjadikan Google semakin merajai bisnis layanan berbasis informasi. Terbukti, dilansir dari  Techcrunch.com, pada tahun 2018 Gmail telah memiliki 1 miliar pengguna aktif.  

Layanan GPS Google;Google Maps bahkan telah menjadi sebuah pertolongan pertama  untuk mengetahui panorama, peta jalan, hingga paduan rute. Layanan ini juga dimanfaatkan oleh perusahaan penyedia jasa trasnportasi online seperti Gojek dan Grab.

Awal mula Google.

Pada awalnya, Sergey dan Brin membuat sebuah mesin pencari yang dinamakan BackRub. Mesin pencari tersebut bekerja dengan algoritma  matematika yang menilai seberapa penting sebuah situs. BackRub dinilai lebih baik dari mesin pencarian lain karena menilai berdasarkan link belakang yang dimiliki situs. Nama "Google.com" sendiri telah tergistrasi pada 15 September 1997 , berasal dari term matematika "googol" yang berarti angka 1 yang diikuti oleh 100 angka 0.

Google akhirnya berdiri sebagai perusahaan swasta pada tanggal 4 September 1998. Kantornya adalah sebuah garasi di Menlo Park, California.Ketika mereka meningkatkan operasi, pendanaan menjadi sangat penting.

 Pendanaan pertama untuk Brin dan Page datang ketika angel investor Andy Bechtolsheim menulis cek senilai $ 100.000 setelah berkomentar: “Ini adalah satu-satunya ide terbaik yang pernah saya dengar selama bertahun-tahun. 

Saya ingin menjadi bagian dari ini. ”Brin dan Page memutuskan untuk mengambil cuti dari program PhD untuk fokus pada bisnis penuh waktu.Google juga merekrut karyawan pertamanya, Craig Silverstein yang juga merupakan mahasiswa program doktoral Stanford.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2