Media

Lomba Karya Tulis di Era Milenial

13 April 2019   14:13 Diperbarui: 13 April 2019   14:18 46 0 0

Pada hari Rabu, tanggal 10 April 2019 Universitas Muhammadiyah Sidoarjo menggelar Seminar Nasional yang bertemakan " SEMINAR PROPOSAL GENERASI MILLENIAL DAN KOMUNIKASI 4.0". Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa Universitas baik Negeri Maupun Swasta, adapun yang menjadi dewan juri pada kegiatan ini adalah Bpk. Didik Hariyanto, M.Si (DOSEN FBHIS UMSIDA) dan Bu Nur Maghfirah A, M.Med.Kom (DOSEN FBHIS UMSIDA), serta dihadiri juga oleh dekan dari Fakultas Bisnis Ilmu Sosial atau juga biasa disebut FBHIS yaitu Bpk. Panggah Setiono, SE., M.SI., Ph.d. dan juga mahasiswa Umsida  Maulana Zaki Fauzan sebagai moderator dalam acara. Tujuan diadakan seminar ini adalah agar para mahasiswa bisa berfikir secara kritis dan membantu masyarakat dalam hal memperkenalkan teknologi masa kini.

Acara ini dibuka dengan bacaan ayat suci al Qur'an dan diteruskan oleh tarian adat khas Jogjakarta dari Ukm TEATER GEDHEK yang di perankan oleh mahasiswi Umsida.   

Hal yang menjadi sorotan ialah mahasiswa-mahasiswi yang mempresentasikan karya tulis ilmiahnya adalah dari PTN Universitas Brawijaya Malang, mereka membahas tentang "optimalisasi pengembangan bisnis perikanan diera digital" dan mereka menceritakan tentang aplikasi yang mereka kembangkan yang bernama AGROFISH, yang dimana itu aplikasi tersebut membantu masyarakat yang ada di daerah pesisir JAWA TIMUR khususnya daerah Gresik.

Dari aplikasi tersebut bisa membantu masyarakat memasarkan ikan yang dulu harganya anjlok menjadi semakin naik dari tahun ke tahun. Dan nelayan sekarang tanpa harus pergi ke tempat pelelangan ikan untuk menjual hasil ikan tangkapan sekarang cukup dengan menjalankan aplikasi yang telah diciptakaan oleh mahasiswa Universitas Brawijaya Malang. Aplikasi berkaitan dengan kegiatan para masyarakat pesisir sehingga dapat menunjang para nelayan untuk mendapatkan rezeki, menambah pemasukan daerah dan semakin tertata usaha masyarakat kecil menengah.

Usaha yang dilakukan mahasiswa tersebut berupaya untuk memberdayakan dan menejahterakan masyarakat, meningkatkan kreativitas, dan meningkatkan perekonomian daerah dan masyarakat

Dari acara lomba tersebut diharapkan para generasi milenial menjadi orang orang yang bisa berpikir kritis dan kreatif.