Mohon tunggu...
iqbalfahdi
iqbalfahdi Mohon Tunggu... sedang kuliah

tamat dari SD DARUSSALAM SURABAYA,2014 TAMAT DARI SMP ITTAQU SURABAYA,2017 TAMAT DARI STM YPM 1 TAMAN 2020, SEKARANG SEDANG KULIAH DI UNUSA SURABAYA

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Resume Sejarah Bahasa Indonesia

30 Oktober 2020   17:13 Diperbarui: 30 Oktober 2020   17:22 66 0 0 Mohon Tunggu...

A. Bukti dari melayu

Sejarah bahasa indonesia sebenarnya berasal dari bahasa melayu. Bahasa melayu ini sudah termasuk dalam bahasa Melayu Polinesia yang ada di bawah rumpun bahasa Austronesia. Ada 2 bukti bahasa indonesia adalah bahasa melayu:

1. Prasasti dikerajaan sriwijaya

2. Bahasa melayu dijaman kerajaan malaka

B. Peristiwa Pertumbuhan Bahasa Indonesia

   Ada beberapa peristiwa-peristiwa yang terjadi dimasa pertumbuhan bahasa indonesia. Ada juga peristiwa pertumbuhan bahasa indonesia yang ejaannya tidak sempat disahkan oleh pemerintah indonesia. Dibawah ini adalah beberapa ejaan dalam peristiwa pertumbuhan bahasa indonesia ialah:

1. Ejaan Van Ophuisjen (1901)

   Di ejaan ini huruf digunakan untuk huruf i dan juga bisa digunakan pada huruf y seperti soerabaa dan ada beberapa tanda baca seperti koma ain, yang digunakan untuk menuliskan kata-kata seperti ma'moer, 'akal, ta', pa', dan seterusnya.

2. Ejaan Republik / Soewandi (1947)

   Di ejaan ini huruf eo diganti menjadi u seperti buku, guru, dsb. kata awalan di- dan kata depan di-, kedua kata tersebut ditulis serangkai dengan kata yang berdampingan dan memiliki kata ulang yang ditulis dengan angka 2 seperti pada ber-sama2, ber-jalan2, dan seterusnya.

3. Ejaan Malindo

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN