Mohon tunggu...
iqbal ajie saputra
iqbal ajie saputra Mohon Tunggu... Freelancer - Frelancer
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Saya iqbal ajie saputra seorang penulis pemula rendah hati dan saya mendapatkan prestasi riset nasional inovasi talenta indonesia 2020

Selanjutnya

Tutup

Book

The Art of The Good Life, Filosofi Hidup Klasik

5 Oktober 2022   09:32 Diperbarui: 5 Oktober 2022   09:40 345
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Book. Sumber ilustrasi: Freepik

Harusnya saya sudah tahu .tidak jauh sebelum pintu keluar tol di bern ada kamera pengukur kecepatan yang diletakkan untuk menangkap basah para pengendara yang lengah. Kamera itu sudah bertahun-tahun ada di sana. Tidak jelas Apa yang saya pikirkan .teknik kilat kamera tiba-tiba membangunkan saya dari lamunan, dan lirikan cepat ke spidometer memastikan ketakutan saya: kecepatan mobil saya sekitar 16 km per jam di atas batas kecepatan maksimal; dan saat itu tidak ada mobil lain di sebelah saya, sehingga saya tidak dapat melimpahkan kesalahan saya itu kepada orang lain.

Kesialan Saya tak berhenti di situ. Esoknya, di Zurich, Saya melihat seorang petugas polisi menyelipkan tiket tilang di bawah wiper kaca depan mobil saya. Saat itu saya memang parkir secara ilegal. Tempat parkir penuh, t sementara saya sedang terburu-buru; dan dalam situasi demikian, menemukan tempat parkir ilegal di Zurich sudut sama seperti menemukan kursi santai di Antartika. Saat polisi menyelipkan tiket tilang, saya berpikir untuk segera lari menghampirinya. Saya membayangkan diri saya sendiri di depan polisi tersebut , lalu sambil terengah-engah membuat nya memahami Alasan saya parkir sembarangan. Tetapi saya tidak jadi melakukan itu: pengalaman selama bertahun-tahun telah mengajarkan saya bahwa hal semacam itu hanya akan membuat anda merasa bodoh. Anda merasa kerdil, dan akhirnya malah tidak bisa tidur.

Dulu bukti pelanggaran yang buat saya marah .belakangan ini saya membalasnya dengan senyuman. Saya hanya memotongnya dari rekening yang saya siapkan untuk sumbangan. Setiap tahun, saya menyisihkan Rp10.000 Franc swiss atau sekitar 150 juta rupiah untuk hal-hal baik, dan Saya membayar semua denda Saya dari sana. 

Di dunia psikologi, trik sederhana semacam ini dikenal sebagai mental accounting atau akuntansi mental. Saya meminjamnya dari Richard thaler, salah satu pendiri ekonomi perilaku titik akuntansi mental dianggap sebagai kesesatan pikir klasik . orang-orang memperlakukan uang secara berbeda, tergantung dari mana uang tersebut berasal  dari mana: jika anda menemukan uang di jalan, misalnya, anda akan menggunakan secara lebih santai dibandingkan dengan uang yang anda hasilkan sendiri. Di titik ini, anggaran 10.000 f r a n c Swiss yang saya buat menggambarkan Bagaimana anda dapat mengubah Sesat pikir semacam ini untuk keuntungan anda. Anda dapat memperdayai diri anda sendiri demi ketenangan. Misalnya Anda seorang melakukan perjalanan di negara miskin, dan dompet Anda Raib.

Beberapa menit kemudian Anda mendapatkannya kembali, dan yang hilang hanyalah uang tunai. Apakah anda memandangnya sebagai pencurian atau sumbangan untuk seseorang yang keadaannya Mungkin jauh lebih buruk dari anda? Tidak ada cukup latihan mental yang akan mengubah kenyataan bahwa uang anda dicuri, tetapi makna dari apa yang terjadi, tafsiran tentang kejadian itu, Itulah yang dapat anda pengaruhi.

Menjalani hidup tentram sangat berhubungan dengan memaknai fakta dengan cara yang membangun. Diam-diam saya menambahkan 50% ke harga barang-barang di toko dan restoran. Itulah harga pasang sepatu atau s o l e a l a m u n i e r e menaruh saya bayar ditambah dengan pajak . 11 anggur harganya 10 dolar, maka saya harus mencari 15 dolar untuk dapat membelinya. Bagi saya, itu akuntansi mental yang baik, karena membantu memastikan pengeluaran saya.

Saya lebih suka membayar hotel di muka . dengan begitu, supaya tidak akan merusak akhir pekan romantis di Paris dengan keharusan menghadapi tagihan di akhir. Daniel kahneman, pemenang hadiah Nobel,

Menyebut hal ini peraturan peak end : anda hanya akan mengingat bagian paling terkesan dan akhirnya saja,selebihnya Terlupakan kita akan melihat lebih dekat efek ini. Jika akhir suatu perjalanan adalah tagihan mahal,diserahkan  kepada anda seperti perintah yang diberikan oleh seorang resepsionis france yang angkuh, lengkap dengan tambahan-tambahan misterius yang mungkin dimasukkan dengan sengaja atau untuk menghukum anda karena berbicara bahasa Perancis dengan aksen bahasa ibu anda ingatan anda tentang liburan romantis akan selamanya pudar. suatu istilah,psikology,pra komintmen menyatakan: Bayar dulu, gunakan kemudian. Itulah adalah akuntansi mental yang menghilangkan rasa sakit pembayaran.

Saya juga membayar pajak dengan kepasrahan yang sama. Lagi pula Saya tidak dapat mengubah sistem pajak sendirian. Jadi saya bandingkan apa yang saya dapat sebagai pengganti uang saya di kota Bern yang indah dengan kota-kota seperti Kuwait, riyadh,monako yang dipenuhi beton atau permukaan bulan semua tempat tanpa pajak pendapatan. Kesimpulannya? Saya lebih ingin tinggal di Bern. Orang-orang yang pindah ke kota yang lebih buruk demi menghindari pajak membuat dirinya tanpa picik dan keras kepala sama sekali bukan dasar yang kuat untuk hidup tentram. Dan menariknya, transaksi saya dengan orang-orang tersebut biasanya berakhir buruk.

Bawa uang tidak dapat membeli Kebahagiaan adalah sebuah kebenaran, dan saya tentu saja menyarankan anda tidak terlalu gelisah mengenai perbedaan harga tambahan. Jika harga biar lebih mahal atau lebih murah 2 dolar daripada biasanya, hal itu sama sekali tidak memancing respon emosional dalam diri saya . Saya lebih memilih untuk menghemat energi daripada uang saya. Lagipula, nilai portofolio saham saya berubah-ubah dalam hitungan menit dengan angka yang jauh lebih besar daripada 2 dolar; bahkan jika dow Jones jatuh seper 1000%, hal itu juga tidak akan mengganggu saya. Cobalah sendiri .Sisakan uang semampunya dalam jumlah yang tidak terlalu membuat anda mati-matian berhemat. Dengan begitu, Anda dapat menjalani kehidupan sebagaimana wajarnya, sambil tetap menjaga ketenangan batin anda.

Saat berumur 40 tahun, saya membeli mencari Tuhan lagi setelah lama menjadi seorang atheis. Selama beberapa minggu, Para biarawan ordo benedictin di e i n s i e d e l n menerima saya sebagai tamu mereka dengan tangan terbuka. Saya menyimpan kenangan indah tentang mata-mata yang jauh dari hiruk pikuk duniawi ini tidak ada televisi, tidak ada internet, dan hampir tidak ada sinyal telepon, akibat dinding tebal dari zaman pertengahan. Secara keseluruhan Saya menyukai keheningan saat makan para biarawan dilarang berbicara. Saya mungkin tidak menemukan Tuhan, tetapi saya Mempelajari satu lagi trik akuntansi mental, yang mana kali ini lebih terkait ada urusan waktu ketimbang keuangan. ReFactory, bukan mereka untuk ruang makan, peralatan makan diletakkan di dalam kotak kecil hitam berukuran kira-kira 20 cm. Mulai makan, kami membuka tutup kotak tersebut, dan menarik garpu, sendok serta pisau yang terikat rapih. Pesannya? Pada dasarnya anda sudah mati, dan semua yang mengikutinya adalah hadiah. Inilah akuntansi mental terbaik. Hal itu mengajarkan saya menghargai waktu dan tidak menghabiskannya dengan merasa gelisah .

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun