Mohon tunggu...
Iqbal Alfajri
Iqbal Alfajri Mohon Tunggu... Seniman - Sutradara Film

Tentang Film dan Kehidupan Seorang Filmmaker

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Astronaut dan Mimpi Anak Indonesia

30 November 2022   20:00 Diperbarui: 30 November 2022   22:00 81
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Film. Sumber ilustrasi: PEXELS/Martin Lopez

Salah satu alasan mengapa kami mengangkat tema ruang angkasa di film Iqro Petualangan Meraih Bintang (2017) adalah kenangan masa lalu.  Saat masih sekolah, beda dengan anak-anak sekarang yang lebih suka menjadi Youtubers, banyak anak-anak di generasi 80/90-an yang sangat mengimpikan untuk jadi seorang astronaut

Dalam film Iqro My Universe (2019), mimpi Aqila menjadi seorang astronaut menjadi cerita utama yang diharapkan dapat memberikan gambaran kepada anak-anak tentang bagaimana wawasan keantariksaan dan profesi astronaut itu.  Semoga film layar lebar ini dapat menjadi jembatan bagi mimpi anak-anak kita yang tertarik dengan dunia antariksa sehingga bisa mempersiapkan diri sedari dini.

Dalam majalah National Geographic Indonesia pernah diangkat tema tentang pertarungan negara-negara di dunia menaklukkan ruang angkasa.  Hampir 50 tahun setelah puncak persaingan Amerika Serikat dan Uni Soviet menghabiskan uang rakyat secara besar-besaran untuk mendaratkan manusia pertama di bulan, sekarang ada balapan baru ke bulan yang digagas Google Lunar XPrize (GLXP) yang melibatkan swasta.  

Hadiah 20 juta dollar diperebutkan 5 finalis dari India, Israel, Jepang, Amerika Serikat, dan kelompok multinasional.

Tim dari Israel yang diwakili SpaceIL kini tengah menjadi sorotan di negeranya.  Praktis semua sekolah di Israel sekarang memiliki unit kurikulum tentang upaya SpaceIL memenangkan kompetisi ini.  Anak-anak sekolah ini dilibatkan untuk memantau langsung setiap perkembangan menyangkut kompetisi ini.  

Itulah sebabnya mengapa anak-anak usia awal sekolah dasar di Isrel saat ini sangat mempertimbangkan untuk bercita-cita mengarungi antariksa dan bersemangat mengikuti kemajuan SpaceIL. Pemimpin SpaceIL, Eran Privman berkata, "Kami ingin semua anak di Israel mengakrabi bidang ini."

Anak-anak Indonesia mungkin belum seberuntung rekan-rekannya di Israel. Tapi mimpi menaklukkan ruang angkasa sejatinya menjadi milik semua anak di dunia. ()

Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun