Mohon tunggu...
Muhammad iqbalfathoni
Muhammad iqbalfathoni Mohon Tunggu... Mahasiswa - smile

SENYUMLAH DAN SYUKURI HIDUPMU

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Peran Kewarganegaraan dalam Membangun Karakter Bangsa

27 Oktober 2021   15:38 Diperbarui: 27 Oktober 2021   15:44 451 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

PERAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBANGUN KARAKTER BANGSA

            Perlu kita ketahui bahwasanya kita harus tau apa itu warga atau warga negara? Warga atau warga negara adalah anggota suatu negara yang mempunyai kedudukan khusus terhadap negaranya, serta memiliki hubungan hak dan kewajiban yang sifatnya timbal balik terhadap negaranya,warga negara juga merupakan semua orang yang memiliki ikatan hukum dengan suatu negara. Jadi,peran warga negara itu sangat penting bagi suatu bangsa yang nantinya memiliki hubungan timbal balik terhadap bangsa. Maka mahkota suatu bangsa adalah warga negaranya.Nah, jadi kali ini saya akan membahas bagaimana peran kewarganegaraan terhadap bangsa atau bagaimna cara Pendidikan kewarganegaraan terhadap bangsa.

            Pendidikan kewarganegaraan ini bertujuan membantu warga untuk menjadi warga ikut serta dalam membangun politik yang demokratis. Pendidikan kewarganegaraan ini juga berfungsi untuk membentuk generasi muda bangsa yang berkarakter dan memiliki dimensi-dimensi yang tidak biasa di lepaskan dari aspek-aspek pembentukan karakter dan moralitas piblik warga negara.

            Sebagaimana Pendidikan kewarganegaraan ini bertujuan untuk menumbuhkan wawasan warga negara dan kesadaran bernegara,sikap serta prilaku yang nasionalisme atau cinta tanah air dan bersendikan kebudayaan bangsa,wawasan nusantara,serta pertahanan nasional dalam diri calon penurus bangsa ini yang sedang berjuang mempertahankan bangsa. Nah untuk mewujudkan warga negara yang sadar untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap bangsa maka kita harus mendidik peran ini kepada para pemuda bangsa. Selain itu bertujuan juga untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia yang berbudi luhur,berkepribadian,mandiri,maju,Tangguh,professional,bertanggung jawab dan produktif serta sehat jasmani dan rohani. Dan fungsi Pendidikan kewarganegaraan ini adalah sebagai wahana untuk membentuk warga negara yang cerdas,cinta tanah air dan bertanggung jawab dengan membiasakan untuk berfikir dan bertindak sesuai peraturan UUD 1945.

            Peranan Pendidikan kewarganegaraan ini adalah membina warga khususnya para pemuda bangsa sebagai generasi penerus bangsa untuk berkehidupan berbangsa dan bernegara. Pendidikan kewarganegaraan ini sangat penting untuk menumbuhkan kesadaran bela negara dan meningkatkan rasa cinta terhadap bangsa Indonesia ini. Dikarenakan generasi pemuda nantinya yang akan mempin negri ini di masa yang akan datang

            Pendidikan kewarganegaraan sebagai pemeran penting suatu bangsa perlu mengenalkan Pendidikan kewarganegaraan yang dihubungkan dengan karakter sebuah bangsa. Demi kemajuan suatu bangsa, berikut beberapa karakter yang menjadikan generasi pemuda mempunyai kerekter terdepan:

  • Religius : sifat religius ini mengajarkan bahwa kita harus patuh terhadap agama,dan tidak saling menghina agama lain, dengan ini akan menjadikan pemuda patuh dan taat pada agamanya.
  • Jujur : tentu saja prilaku jujur ini sangat penting di tanamkan pada diri pemuda agar nantinya para pemuda bangsa dapat di percaya dari segi perkataan dan perbuatannya. Karena sesungguhnya di bangsa ini banyak orang yang pinter tetapi sedikit yang mempunyai prilaku jujur. Maka kita sebagai pemuda harus membiasakan diri kita untuk berprilaku jujur dalam segi apapun. Ada suatau pepatah pernah mengatakan "katakanlah yang sebenarnya walaupun itu pahit"
  • Tanggung jawab : prilaku yang ini tidak kalah pentingnya dengan prilaku yang lain,karena prilaku bertanggung jawab yang nantinya akan dapat membangun bans aini akan lebih maju dengan banyak orang yang bertanggung jawab atas Amanah atau pekerjaanya terhadap negara ini. Maka dari itu mari kita membiasakan diri untuk berprilaku tanggung jawab dari hal kecil karna sejatinya hidup kita pasti akan mempunyai beban masing-masing. Dan perbuatan kita itu juga pastinya akan di pertanggung jawabkan.
  • Toleransi : sikap ini pastinya mengajarkan kita tentang menghargai perbedaan terhadap sesama. Dengan kita memiliki prilaku toleransi ini maka akan memudahkan kita untuk saling berinteraksi terhadap sesama lain.
  • Disiplin : dengan adanya prilaku disiplin pada diri kita yang mana kita harus manaati taip aturan yang ada di bangsa ini, maka hal ini menunjukan bahwa kita adalah pribadi yang menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai dan peraturan yang ada di bangsa. Maka dari itu juga bagi para pemuda marilah kita untuk membiasakan diri kita untuk berdisiplin dalam hal sekecil apapun di kehidupan kita.
  • Kerja keras : dalam bertindakan yang seperti ini dalam bekerja yaitu bekerja keras maka hal itu menunjukan sikap kita yang gigih,dan menjadi pribadi yang berkarakter dan layak untuk diajak bekerja sama.
  • Kreatif : nah,biasanya pemuda yang kreatif adalah peran penting yang di butuhkan negara untuk mejadikan negara maju/berkembang. Maka untuk itu marilah kita dibiasakan untuk berfikir yang kreatif dan lebih inovatif.
  • Demokratis : cara berfikir,bertindak dan bersikap menilai sama antara hak dan kewajiban dirinya dan orang lain. Mengetahui apa yang lebih penting dan apa yang harus di dahulukan.
  • Semangat kebangsaan dan cinta tanah air : semangat ini yang kita butuhkan dalam membela dan mempertahan kan negara kita yaitu semangat kebangsaan dan cinta tanah air. Mari kita Bersama-sama khususnya bagi para pemuda bangsa untuk meningkatkan rasa semangat dan cinta tanah air kita karna dengan semangat ini negara kita akan terus bertahan.
  • Peduli lingkungan dan sosial : dengan kepedulian kita terhadap lingkungan dan masyarakat akan membawa kita menjadi pribadi yang di segani, karena lingkungan juga termasuk cerminan sebuah negara.

Marilah kita Bersama-sama menjaga peran kita sebagai warga negara, karena maju atau tidaknya suatu negara itu tergantung pada warga negaranya,kita bangun rasa cinta kita terhadap bangsa,kita bangun semangat kita untuk Indonesia Indonesia tercinta.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan