Iwan Permadi
Iwan Permadi Freelancer

a freelance tv creative

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Artikel Utama

Fungsi Kata Sifat (Adjectives) dalam Bahasa Inggris

24 April 2019   22:15 Diperbarui: 25 April 2019   08:25 872 10 7
Fungsi Kata Sifat (Adjectives) dalam Bahasa Inggris
Dok. Pribadi

Kata sifat dalam Bahasa Inggris disebut dengan Adjective. Ada tiga hal yang patut diperhatikan dalam penggunaan kata sifat dalam Bahasa Inggris yaitu dalam urutannya (Adjective Order), ungkapan atau sebutannya (Adjective Phrases) dan dalam kalimat/klausa (Adjective Clauses). Selain itu bentuk kata sifat juga perlu kita perhatikan seperti perbedaan kata sifat yang berakhir dengan --ed dan --ing.

Namun sebelumnya kita juga musti paham apa fungsi adjective dalam Bahasa Inggris dan bagaimana bisa mengindentikasinya. Contoh adjectives yang biasa kita kenal dalam keseharian kita seperti pretty, big, beautiful, huge, smart dll.

Selain itu kata sifat mengubah kata biasa seperti ordinary menjadi extraordinary (luar biasa). Yang jelas kata sifat adalah kata-kata yang menerangkan atau menjelaskan kata benda (noun) dan kata ganti (pronoun) atau dalam Bahasa Inggris bisa dikatakan Adjective modifies noun and pronoun.

Contoh kata sifat yang menjelaskan kata benda seperti A beautiful lady (Seorang wanita cantik) atau A smart student (Seorang pelajar pintar) sedangkan kata sifat yang menjelaskan kata ganti seperti A dedicated father is a good daddy. (Ayah yang bertanggung jawab adalah ayah yang baik) atau contoh lainnya The roses are colorful (Bunga mawar itu berwarna-warni)

Kata sifat juga menerangkan kata benda yang berbentuk tunggal (singular) dan jamak (plural) seperti Mr.Gunawan has a fancy car (Pak Gunawan mempunyai sebuah mobil mewah) atau Mrs.Sonya has numerous houses (Nyonya Sonya punya banyak rumah).

Lalu bagaimana kita mendeteksi kata tersebut merupakan kata sifat, cara yang paling mudah lihat akhiran katanya seperti (-al) incidental, accidental, fundamental ; (-ful) careful, useful, joyful ; (-ic) historic, mosaic, basic ; (-ish) selfish, foolish, lavish

Kemudian bagaimana kita membentuk kalimat dalam bahasa Inggris , yaitu dengan ada dua cara dengan bentuk Subject+Linking Verb+Adjective seperti dalam kalimat : The castle is huge (Istana itu besar sekali) atau They are policemen (Mereka petugas kepolisian). Namun juga bisa seperti The food smells good (Bau makanan itu enak) atau The song sounds familiar for me (Lagu itu seperti yang pernah saya dengar). Kata kerja penghubung (Linking verb) tidak hanya to be (is,am,are), smell dan sound, tapi ada lainnya seperti feel, seem, become,dan look. Linking verb juga bisa digunakan tenses seperti present tense, past tense, perfect tense dan future tense. 

Formula 1 : Subject + Linking Verb + Adjective

Selain itu untuk membentuk adjective seperti yang dijelaskan diatas tinggal membentuknya dengan kata benda seperti a smart phone (telepon pintar), cool songs (lagu-lagu keren) atau awesome performance (penampilan yang bagus).

Formula 2 : Adjective + Noun

Lalu dengan penggunaan kata sandang (articles) (a, an atau the ) atau penyebut sebelum kata sifat bisa dilakukan seperti: There was a fierce dog in the mysterious garden (dulu ada seekor anjing galak di taman misterius itu). Contoh lain, A big jet airliner got accident yesterday before landing on that airport. (Sebuah pesawat terbang jet berukuran besar mengalami kecelakaan sebelum mendarat di bandara tersebut)

Kata sifat menggambarkan kondisi keadaan yang terjadi oleh sebab itu kata sifat sangat penting dalam Bahasa Inggris, nah sekarang coba kita gabungkan dalam beberapa kata sifat untuk menggambarkan kata benda atau kata ganti. Kita sebut ini Adjective Order seperti contoh: That fancy small new blue car parked on that hotel. (Mobil mewah baru berukuran kecil dan berwarna biru itu parkir di hotel itu). Lalu bagaimana mengurutkannya, berikut "rumusnya". 

dok. pribadi
dok. pribadi
Contoh lain: Those angry big old African gorillas attacked some visitors of the zoo. (Gorila besar, tua berasal dari Afrika yang sedang marah menyerang pengunjung kebon binatang itu). Dari gambar diatas ternyata ada 10 keterangan yang menjelaskan sebuah kata benda atau kata ganti namun ternyata dalam penggunaannya baik tulisan maupun percakapan biasanya hanya ada tiga atau empat saja kata sifat yang digunakan.

Lalu bagaimana membedakan bentuk --ing dan --ed dalam participle adjectives? Bentuk present dan past participles digunakan dalam tenses kata kerja (verb tenses) dan beberapa daripadanya juga bersifat sebagai kata sifat.

Contoh kata-kata yang paling umum untuk yang berakhiran --ed (past participle) seperti excited, bored, soothed. Kata-kata ini menggambarkan perasaan (feelings), ketika kita gunakan dalam bentuk kata sifat menggambarkan hal-hal yang anda rasakan (inside you), seperti dalam kalimat : "I am bored" (Saya merasa bosan) atau "I am excited" (Saya senang). Kata-kata ini menggambarkan reaksi terhadap keadaan luar yang dirasakan. 

Namun bila menggambarkan keadaan luar yang datang dari luar (action) maka kalimatnya berakhiran --ing (present participle) seperti "The class is boring" (Kelas itu membosankan) dan "Having much money is exciting" (Punya uang banyak itu menyenangkan)

Lalu bagaimana membedakan sebuah participle baik yang berbentuk past atau present dalam bentuk kata kerja atau kata sifat? Coba uji dengan kata misalnya kata sangat lucu apakah "very laughing" atau "very amused" , dan yang benar adalah kata yang kedua karena amused sebuah kata sifat. 

Hal lainnya letak participles adjectives tidak musti ada di akhir kalimat seperti The movie is interesting (present participle) and you will be interested (past participle)

Every little helps (Jangan anggap enteng, walau kecil atau tidak seberapa,pasti ada gunanya kelak).

Semoga Bermanfaat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2