Iwan Permadi
Iwan Permadi karyawan swasta

a freelance tv creative

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Anda Yakin Sudah Mengeja Kosakata Bahasa Inggris dengan Benar?

7 Desember 2017   10:27 Diperbarui: 9 Desember 2017   12:07 3187 9 3
Anda Yakin Sudah Mengeja Kosakata Bahasa Inggris dengan Benar?
Sumber ilustrasi: 123rf

Sejumlah kata dalam Bahasa Inggris yang telah kita pahami artinya dengan mudah ternyata dalam mengejanya kita musti belajar lagi karena pengucapannya yang benar memerlukan perhatian khusus. Tidak lain adalah karena dalam sejumlah kata ada huruf dari rangkaian kata itu tidak dibaca dan juga adanya penekanan (stressing) pada kata-kata tertentu dari kata-kata yang dimaksud.

Kata "vegetable" yang berarti sayur-sayuran, ternyata ada satu huruf yang tidak dibaca bila mengucapkannya sehingga menjadi "vegtable" (ved.t.bl) . Huruf vokal "e" tidak disebutkan. I like eating fruit and vegetable.

Kata kedua adalah "comfortable" yang berarti nyaman, ada satu huruf juga yang tidak dibaca sehingga menjadi "comfrtable" (kom.f.t.bl) . Huruf vokal "o" tidak diucapkan. The couch is comfortable to sit.

Berikutnya kata "almond"yang berarti buah perdu.  Dimana huruf "l" (el) tidak diucapkan sehingga menjadi Amond (a.mnd), tapi bunyinya "a"nya agak dipanjangkan menjadi a:mond. That almond cake is very tasty.(Kue almond itu enak rasanya).Beberapa kata lain yang bunyi huruf "l" nya tidak diucapkan antara lain salmon (ikan salmon) sehingga menjadi samon (sam.n), juga half (haf), would (wud), talk (tak) dan walk (wak). Pilihan kalimatnya bisa I like eating salmon. Half of the year is six months. I talked with him last night and I walked with him this morning.

Selanjutnya adalah kata "jewellery" yang artinya perhiasan, dalam membacanya, huruf "l"(el) kedua tidak perlu disebutkan sehingga cukup jewelery (due.l.ri). Bahkan untuk penulisan Bahasa Inggris Amerika, kata jewellery hanya ditulis jewelery. I don't think I should wear all jewellery I own to go to that party.

Kata berikutnya yang membacanya juga rada "beda" yaitu "architecture", terutama kata --chi- yang dibacanya bukan "ci"tapi "ki".Architecturedibacanya arkitecture (ak.tek.ter) seperti kata "stomach" (perut), pada huruf --ch-nya, atau juga "ache" . Many architects came to the World Expo last night.

Kata"enthusiastic", penekanan ada pada kata "th"sehingga dibacanya (enju.zis.tk).

Kata "clothes" (pakaian) dianggap susah untuk diucapkan karena ada kata dua konsonan th dan s jadi "clothes" dibacanya (klouz). Kata clothes selalu plural (jamak) karena jumlahnya minimal dua seperti pants(celana panjang), pajamas(baju tidur), shorts(celana pendek) dan lain-lain. Bunyi "th"harus terdengar jelas,sementara huruf "s"harus terdengar seperti "z", karena menandakan banyak (plural). 

Selanjutnya kata "word, world, dan work" yang masing-masing punya kata "or" di tengahnya. Dalam membacanya memang harus cukup hati-hati supaya tidak terdengar seperti mengucapkan kata walk (wak),kata word diucapkan (wed),world (weld) dan work(wek)

Etc. yang berarti "dan lain-lain" dibacanya "et cetera"(etset.ra)

Kata selanjutnya ternyata yang benar harus mengikuti penekanannya (stressing) seperti kata-kata ini "photograph" (fo.tg.raf) , "photography"(fot.gra.fi), "photographer"(fot.gra.fr), dan "photographic" (fo.tograf.k). Kata photograph ditekankan pada kata "pho"(pho+tography), sementara photography dan photographer ditekankan pada kata -"tog" (pho+tog+raphy) dan (pho+tog+rapher), lalu yang terakhir photographic pada kata "grap" sehingga menjadi (photo+grap+hic).

"If she can't spell, why is she a librarian? Librarians should know how to spell." ( Beverly Cleary, Ramona's World). (Jika dia dia tidak bisa mengeja, mengapa dia jadi petugas perpustakaan? Seorang pustakawan seharusnya paham bagaimana mengeja).


Semoga bermanfaat.
Ref: dari sejumlah sumber

kompasiana-anda-yakin-sudah-benar-mengejanya-english-5a28b4a3677ffb26523fd2e2.jpg
kompasiana-anda-yakin-sudah-benar-mengejanya-english-5a28b4a3677ffb26523fd2e2.jpg