Iwan Permadi
Iwan Permadi karyawan swasta

a freelance tv creative

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Istilah Perbukuan dalam Bahasa Inggris

14 November 2017   09:45 Diperbarui: 16 November 2017   14:19 446 1 1
Istilah Perbukuan dalam Bahasa Inggris
Ilustrasi: Shutterstock

Kita sudah sepakat bahwa Buku adalah jendela dunia yang memungkinkan pembaca dan juga penulisnya mempertajam visi dan wawasannya. Bahkan seorang ex first lady AS, istri Presiden AS termuda, Jacqueline Kennedy  Onassis mengungkapkan fungsi buku dalam sebuah quote terkenal : "There are many little ways to enlarge your child's world. Love of books is the best of all." (Terjemahan bebasnya, banyak cara sederhana memperluas dunia kanak-kanak. Salah satunya dengan mencintai (membaca) buku).  Istilah menyangkut buku dalam Bahasa Inggris terbilang unik karena ada beberapa yang  layak kita simak.

Pertama adalah "bookworm" yang menggambarkan seseorang yang suka membaca alias kutu buku. Einstein was a bookworm (Einstein itu gemar membaca). 

Kedua "hit the books"yang artinya bukan menabrak buku tapi belajar (study).  The student who got bad remarks in his latest test willhit the books tonight. (Pelajar yang mendapatkan nilai jelek pada hasil test terakhirnya akan belajar nanti malam).

Ketiga " Don't  judge the book by its cover" (Jangan hakimi isi sebuah buku hanya dengan melihat (gambar) sampulnya). Quotefavorit Tukul Arwana di program televisi Bukan Empat Mata ini ternyata sejenis dengan Snails look to gross to eat(Jangan lihat bekicot itu menjijikkan, tapi gizinya luar biasa bagi manusia)

Berikutnya "to be in someone's good books" yang berarti reputasi anda menyenangkan seseorang yang berarti seperti bos, guru, orang tua dan lainnya.  Aditya is in the teachers'good books.  (Reputasi/prestasi/kepribadian Aditya sangat baik diantara para guru).

Selanjutnya "by the book" yang artinya mengikuti aturan yang berlaku.  The referee punished the home team after it played an unregistered player. The referee did this by the book.

Keenam "to book"  yang berarti membuat perjanjian seperti  "I have bookedthe dentist tonight".  (Saya sudah janji mau konsultasi dengan dokter gigi).

Ketujuh "to read someone like a book" yang berarti mudah menebak apa yang dia pikirkan dan rasakan seperti rumus yang tertulis di buku yang sifatnya tehnis atau sifat manusia umumnya kalau diberikan pujian senang dan bila dihina akan marah.   Mrs.Lenny doesn't accept the insult remarked by her supervisor. Her friends read her like a book. She is really upset! (Ibu Lina tidak menerima hinaan yang diterimanya dari atasannya. Teman-temannya gampang menebak sikapnya. Dia benar-benar marah (akan hinaan itu).

Berikutnya yang kedelapan dan kesembilan adalah open book dan closed book.  Untuk open book suatu anggapan seseorang yang jelas dan apa adanya sebaliknya closed book dianggap orang yang tertutup dan tidak jelas.  The new employee liked discussing with her open book boss about her new tasks. (Karyawan baru senang berdiskusi  dengan bossnya yang terbuka tentang tugas barunya). Mr.Smith is a closed book person whose decisions are confusing. (Pak Smith seorang yang tertutup dan banyak keputusannya membingungkan (anak buahnya).

Kesepuluh "to throw the book at someone" yang bukanlah berarti melempar buku ke seseorang namun sebuah istilah hukum (a legal term) yang artinya menghukum seseorang.  The person was guilty because committing a crime and the judge had trown the book at him. (Orang ini dinyatakan bersalah karena melakukan kejahatan dan hakim telah menghukumnya)

Kesebelas adalah "every trick in the book"yang berarti apapun caranya tujuan harus terlaksana atau whatever way or method the show must go on (apapun cara dan metodenya acara harus tetap berlangsung).  The great businessmen always try their best to achieve their goals every trick in the book. (Pengusaha besar selalu mencoba yang terbaik untuk mencapai tujuannya dengan apapun caranya).

Keduabelas "the oldest trick in the book"atau cara kuno menyontek.  Sam was caught by a teacher during a test as he used the oldest trick in the book, writing his cheatings on his palms.  (Sam tertangkap guru saat tes karena dia menggunakan cara lama (dalam) mencontek yaitu dengan menulis jawaban soal di telapak tangannya).

Terakhir ke 13 adalah  "in my book" atau in my opinion (menurut pendapat saya).  Alex Ferguson is the greatest Manchester United manager in my book.  (Alex Ferguson adalah manager Manchester United terbesar menurut pendapat saya).

Great books help you understand, and they help you feel understood. (John Green) (Buku bagus menolong anda untuk mengerti dan buku  (hebat) itu menolong anda merasa dimengerti).

Referensi: dari sejumlah sumber